,

Iklan

Iklan

Wakil Bupati Sumenep Dukung Pameran Produk Dan Kewirausahaan Kreativitas Pelajar SMK

SerikatNasional
17 Jan 2023, 05:17 WIB Last Updated 2023-01-18T19:43:39Z


SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep mengapresiasi adanya giat pameran produk dan lomba kewirausahaan kreativitas murid pelajar SMK swasta, Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah memberikan dukungan penuh untuk meningkatkan produk karyanya kewirausahaan dikalangan anak muda.


Hal itu disampaikan langsung oleh Wabup Sumenep saat menghadiri pembukaan giat Pameran yang digelar oleh pihak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sebagai salah satu langkah untuk menumbuhkan jiwa enterpreneur dan kewirausahaan muda di kalangan pelajar, di gelar di Aula RRI, Selasa 17 Januari 2023.


“Kami sangat mendukung pameran produk dan lomba kewirausahaan ini sebagai salah satu barometer inovasi dan kreativitas anak-anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Sumenep,” ujar Hj. Dewi Khalifah.


Wabup berharap, dengan adanya kegiatan pameran tersebut mampu membangkitkan gairah para siswa-siswi SMK, agar bisa untuk meningkatkan kemampuan berkarya berkreasi dalam membangun ide produktif, sehingga nantinya setelah keluar sekolah bisa menjadi generasi muda untuk menjadi wirausaha yang handal di masa mendatang untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya.


Menurutnya, Pameran merupakan media untuk menguatkan peran serta para kalangan muda khususnya siswa SMK dalam mengembangkan kreasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya demi mewujudkan ekonomi kreatif,” ucap Wakil Bupati Sumenep.


Ia juga menekankan kepada pihak lembaga pendidikan yang telah mendidik siswa-siswi untuk bisa berkarya, hendaknya menjaga mutu hasil kerajinannya supaya bisa dinikmati oleh masyarakat terhadap hasil produk siswa-siswinya, karena apabila produknya berkualitas tentu saja berdampak kepada pemasaran akan semakin luas nantinya.


“Selain itu, setiap usaha yang dilakukan harus memiliki izin dan persyaratan lainnya seperti label halal, sehingga berefek positif kepada pemasaran, karena masyarakat tidak ragu untuk mengonsumsinya,” pintanya.


Dalam pembukaan pameran tersebut, Wakil Bupati Sumenep berkeliling mengunjungi satu persatu stand yang tersedia menyajikan hasil produk kewirausahaan anak pelajar SMK swasta, yang diikuti kurang lebih 48 stand.


Dikesempatan yang sama Plt. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Sumenep Ali Afandi menyampaikan, bahwa giat pameran produk ini digelar untuk mengenalkan hasil karya produksi kewirausahaan peserta didik SMK pada masyarakat Sumenep.


Maka dari itu, Alif Afandi berharap kepada pihak Pemkab untuk terus memberikan binaan guna untuk para generasi muda bisa terus berkarya dalam dunia kewirausahaan, agar bisa membantu untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomiannya.


“Harapannya ada pembinaan baik jajaran pemerintah dan pihak lainnya untuk membantu pemasaran produk siswa baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” ungkapnya.


Pameran lomba produk dan kewirausahaan ini sebagai wujud  pendidikan vokasi sesuai dengan program one pesantren one produk, sehingga perlu dilakukan dorongan untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat.


Dengan pameran ini diharapkan ada upaya untuk mengembangkan kreativitas bagi para pelajar agar nantinya bisa untuk meningkatkan hasil produknya lebih berkembang lagi sampai di kenal internasional.


(Ras/Tim)

RECENT POSTS