,

Iklan

Iklan

Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si. Dinobatkan Sebagai Best Presenter Praktik Insinyur Di UKWMS

SerikatNasional
4 Mei 2024, 21:41 WIB Last Updated 2024-05-04T14:55:57Z

 


Surabaya (Serikatnasional.id),– Pelantikan Insinyur Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya periode 1 tahun 2023/2024 berlangsung di Auditorium Widya Mandala (Widya Mandala Hall) Kampus Pakuwon City Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) JI. Kalisari Selatan 1, Pakuwon City, Kecamatan Tegalsari, Surabaya. Sabtu (4/5/2024), Pukul 08.30 WIB.


Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melantik 76 lulusan insinyur baru, melalui Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI).


Pelantikan itu sekaligus untuk menjawab tingginya kebutuhan insinyur profesional di Indonesia yang masih belum diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang ada.


Berdasarkan Laporan Pelaksanaan Proses Pendidikan PSPPI UKWMS oleh Wakil Dekan Fakultas Teknik I, Ir.Maria Yuliana, S.T., Ph.D., IPM Prof.Ir. mewakili Felycia Edi Soetaredjo,S.T., M.Phil., Ph.D.,IPU., ASEAN.Eng mengatakan, para mahasiswa dapat menyelesaikan pendidikannya dengan baik tercermin dari distribusi 4.0.


Maria menambahkan, program Pendidikan PSPPI UKWMS periode I tahun 2024 menghasilkan 76 orang insinyur meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 73 orang sehingga total keseluruhan 281 orang lulusan insinyur.


Setelah itu, Rektor Widya Mandala, Drs, Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D.,Apt dalam sambutannya memberikan selamat dan menyampaikan harapannya untuk seluruh wisudawan agar dapat memberi kontribusi yang terbaik.


Selain mengucapkan selamat dan apresiasi, Kuncoro menuturkan pentingnya peran insinyur dalam membangun negara. Pasalnya, insinyur merupakan sosok yang bertanggung jawab .


“UKWMS bersama Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akan terus mengupayakan peningkatan jumlah insinyur profesional di Indonesia. Oleh karena itu saya berharap para wisudawan dapat terus berkarya dan tentu berpikiran maju serta senantiasa memiliki semangat, mau bekerja secara profesional untuk bisa menerangi serta memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pesannya.


Dalam acara spektakuler tersebut, Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si. Mahasiswa Program studi profesi insinyur diketahui berhasil meraih gelar sebagai Best Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya periode tahun ini.



Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun media ini, Arif Firmanto, yang saat ini menjabat kepala Bappeda Sumenep dilantik sebagai insinyur pasca, sukses meraih predikat Best Presenter dalam Seminar Praktik Keinsinyuran dengan tema “Pembangunan Berkelanjutan Berbasis Teknologi Maju untuk Indonesia Raya” pada tanggal 13 Januari 2024 lalu.


Hadir dalam kesempatan ini, Rektor Universitas Katolik Widya Mandala: Drs. Kuncoro Foe, Ph.D., Apt., Wakil Rektor 1: Ir. Aning Ayucitra, Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor 2: Sumi Wijaya, Ph.D., Apt, Wakil Rektor 3: Dr. Lanny Hartanti., Wakil Rektor 4: Dr. Christina Esti Susanti.


Selain itu, terlihat juga Dekan Fakultas Teknik, Prof. Ir. Felycia Edi Soetaredjo, Ph.D., IPU., ASEAN Eng., Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik, Ir. Maria Yuliana, Ph.D., IPM., Wakil Dekan 2 Fakultas Teknik, Ir. Wenny Irawati, Ph.D., IPM, Kaprodi Profesi Insinyur, Dr. Ir. Ivan Gunawan, IPM., ASEAN Eng., Ketua PII Jatim Dr. Ir. Gentur Prihartono S. P., S.H., M. H., M.T., IPU., Wakil Ketua PII Jatim Ir. Pius X Rooswan, S.T., M.T., IPM.


Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si., menyampaikan, pada dimensi ekonomi, pembangunan berkelanjutan telah menekankan betapa pentingnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal tersebut kata Arif Firmanto, yang baru dilantik sebagai insinyur ini harus melibatkan pembangunan di sektor ekonomi yang tidak hanya akan memberikan manfaat finansial.


Menurutnya, hal itu juga harus memperhatikan dampak lingkungan dan kehidupan masyarakatnya. Di sisi lingkungan lanjut Pak Arif, sebutan karib Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si., pembangunan berkelanjutan membutuhkan penggunaan sumber daya yang bijak, perlindungan dan pelestarian ekosistem, serta pengelolaan limbah yang berkelanjutan.


“Teknologi memainkan peran yang sangat krusial dalam pembangunan berkelanjutan dengan menyediakan berbagai solusi inovatif untuk tantangan ekonomi, lingkungan dan sosial,” kata Ir. Arif Firmanto, S.TP., M.Si. 


Pembangunan berkelanjutan juga menekankan Regenerasi Pembangunan Berdaya Saing Global yakni dengan mempersiapkan Pemuda-Pemudanya untuk yang akan datang.


Wujud filosofi dan strategi pembangunan kata Pak Arif, maka pembangunan berkelanjutan memandang masa depan sebagai tanggung jawab secara bersama-sama.


“Kami mengajak semua pihak untuk bekerja sama untuk menciptakan dunia yang terus berkelanjutan bagi para penerus bangsa baik sekarang maupun yang akan datang,” paparnya.


Selain itu, mantan kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kabupaten Sumenep ini juga menyebut, bahwa dalam keberhasilannya saat ini tidak terlepas dari peran banyak pihak. Hal ini juga merupakan bentuk spirit untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri.


“Pemberian penghargaan ini merupakan salah satu bentuk spirit bahwa Kita Jangan pernah lelah untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri, karena belajar adalah kunci keberhasilan dalam hidup. " Pungkasnya. ***

RECENT POSTS