,

Iklan

Iklan

Calender Event 2024, Disbudporapar Sumenep Gelar Festival Ketupat Juga Layangan LED

SerikatNasional
12 Apr 2024, 00:25 WIB Last Updated 2024-04-11T17:34:22Z


Sumenep (Serikatnasional.id),- Calender Event 2024,Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur, akan gelar Festival Ketupat 2024 di pantai Lombang. 


Festival ketupat di ujung timur madura ini akan berlangsung pada hari Selasa 16 April 2024 jam 07.00 pagi.


Mohammad Iksan Kepala Disbudporapar menyampaikan, pakaian yang akan digunakan saat Festival Ketupat baju Sakera dan untuk perempuan baju Marlena. 


"Kepala OPD, Camat, Kepala Bagian, serta BUMN, BUMD untuk yang bapak-bapak menggunakan baju sakera. untuk yang Ibu menggunakan marlena, baju marlena," Ujarnya saat dikonfirmasi saat suasana lebaran di Surabaya. Kamis 11 April dini hari. 


Rangkaian acara Festival Ketupat ini adalah jam 06.00 ada senam. Kemudian setelah senam baru ada topak lobher, sarapan sekaligus merayakan hari raya ketupat. Setelah itu sekitar jam 08.00 ada omba merangkai ketupat yang terbuat janur antar OPD, Kecamatan, Kepala Bagian, BUMN, BUMD. 


Dari rangkaian tersebut juga akan ditampilkan beberapa seni. saronen, tari dan iringan musik, tujuannya adalah memberikan hiburan kepada Diaspora yang datang ke Kabupaten Sumenep. 


"Diaspora yang sudah berhasil diluar kota pulang ke Sumenep kita hibur mereka di pantai lombang tersebut, " Kata Kadis. 


Namun sebelunya malam harinya tanggal 15 April 2024 Disbudporapar selenggarakan Festival layangan led. 


"Juga sama, jadi sekitar jam 19.30 malam InsyaAllah Kepala OPD dan Camat, akan mempersamai pak Bupati bermalam di pantai lombang, " Ucapnya pada media ini.


Dengan kegiatan event ini Kadis Disbudporapar berharap dapat mengenalkan budaya luhur nenek moyang Sumenep tentang budaya topak lobher. Kemudian menyambut para diaspora yang sudah berhasil diluar kota untuk mudik ke Sumenep dan mendapatkan hiburan hiburan yang sangat menarik. 


"Dan juga yang paling penting dari event ini adalah ada geliat ekonomi dari umkm yang ada disekitar pantai lombang, " Pungkasnya.(Red)

RECENT POSTS