,

Iklan

Iklan

Pemilu 2024 Mendekat , Kaum Muda Perlu Terlibat

SerikatNasional
17 Des 2023, 16:52 WIB Last Updated 2023-12-21T14:35:37Z
Ilustrasi Game Catur Online. Foto: Ist/Net


Opini (Serikatnasional.id),- Samuel P. Huntington (1990) dalam karyanya berjudul “No easy choice : participation in developing countries” (Pembangunan Politik di Negara Berkembang), mendefinisikan partisipasi politik, antara lain sebagai kegiatan warga negara yang bertindak sebagai pribadi-pribadi (private citizen) untuk menunjukkan keragaman cara dalam mempengaruhi pembuatan keputusan oleh pemerintah.


Keterbatasan partisipasi politik dilingkungan masyarakat tidak hanya terlihat dalam pemilu, akan tetapi bisa dilihat dari minimnya ketertarikan massa dalam menggalang opini terhadap isu populis dan minimnya pelibatan diri serta komunitas kohesif dalam diskursus politik rendah, partisipasi memilih calon pemimpin dengan menggunakan hak suaranya sebaik mungkin. 


Sementara, kontestasi Politik kontemporer di tahun 2024 sudah mendekati ujung hidung. Diperlukan gerakan dan gebrakan baru kaum muda untuk ikut serta berpartisipasi dan terlibat langsung dalam menentukan kemajuan demokrasi di Indonesia. 


Indonesia kali ini sedang menghadapi era bonus demografi dimana penduduk usia produktif lebih besar dibanding usia non-produktif. Istilah ini menjadi bahan perbincangan, khususnya bagi pemerintah Indonesia dan para pakar. Fenomena ini adalah sebuah ledakan penduduk usia produktif yang kemungkinan akan terjadi di Indonesia pada tahun 2020 hingga 2030.Jimmy Ginting (2016). 



Perlu digaris bawahi setiap generasi memiliki pengalaman dan perspektif yang berbeda, perkembangan generasi ini dipengaruhi perjalanan perkembangan yang dilalui pada masanya. Dan perkembangan teknologi mampu menambah pengetahuan dan pengalaman selain didunia pendidikan. 


Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain semisal Negara Jepang yang masa depan penduduknya didominasi oleh para penduduk non-produktif. Maka, sumbangsih kaum muda diharapkan mampu memberikan edukasi pada masyarakat sekitar untuk menggunakan hak pilihnya dalam kontestasi politik 14 Februari mendatang. 


Jika gerakan kaum muda ini berjalan teratur dan maksimal, Istilah Golput yang selama ini masih erat hubungannya dengan kaum muda tidak akan lagi mengakar di bumi Indonesia ini. Keterlibatan kaum muda ini dipandang perlu demi terselenggaranya perhelatan Pemilihan Umum dengan baik tampa ada gesekan yang tidak diinginkan. 


Penulis: Imam Rasyidi

RECENT POSTS