,

Iklan

Iklan

Pentingnya Pendidikan Usia Dini

@SerikatNasional
1 Apr 2022, 13:27 WIB Last Updated 2022-04-01T06:27:43Z

  


Pendidikan merupakan aset penting bagi kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu, setiap warga Negara harus dan wajib mengikuti jejang pendidikan, baik jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah maupun tinggi. Kebanyakan anak-anak Indonesia dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan, mengabaikan pendidikan anak usia dini, padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan.


Dengan adanya pendidikan sejak dini, maka anak bisa mengembangkan kemampuan anak pengetahuannya itu, dengan adanya pemahaman mengenai karakteristik anak membantu juga untuk menyesuaikan proses belajar anak bagi  secara intelektual, emosional, dan sosialnya. 


Pendidikan usia dini ini, memiliki dampak yang sangat baik, baik bagi orang tua maupun bagi anak sendiri, karena dengan adanya pendidikan ini para anak memiliki bekal yang baik bagi pendidikan akademik nantinya. Jika seorang anak telah terbiasa belajar dari kecil, maka ketika sekolah nanti sang anak pasti bisa memahami lebih cepat dan mudah.


Orang tua menjadi panutan bagi persiapan kematangan anak dalam menghadapi masa demi masa untuk perkembangannya dimasa yang akan datang. Saat ini telah banyak berbagai sekolah taman kanak-kanak memberikan pendidikan yang baik dan berkualitas demi mengembangkan kemampuan dan bakat dalam diri anak tersebut. Oleh karena itu, diperlukan usaha orang tua dalam mengajar dan mendidik anak terutama dalam membaca. Mengajar anak membaca tidak harus melihat berapa usia yang tepat untuk mengajarkannya. Yang terpenting di sini adalah berusaha memberikan  yang terbaik dalam pendidikannya kelak.


Adapun permasalahan yang dihadapi dalam dunia pendidikan dini/PAUD yaitu sampai saat ini kebijakan para pemerintah masih belum memadai, lalu kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, karena banyak orang tua yang menganggap pendidikan untuk usia dini tidak terlalu penting bagi mereka dan berpikir bahwa  untuk apa mengikuti PAUD jika nanti anak-anak juga mengikuti sekolah dasar.


Permasalahan lainnya yaitu kurangnya mutu dalam pembangunan pendidikan usia dini. Akibat rendahnya mutu dalam pembangunan, orang tua berpikir bahwa dengan tidak tersedianya fasilitas dan perlengkapan yang memandai berarti tidak penting pula PAUD di mata mereka.


Berdasarkan permasalahan tersebut, adanya upaya dari pemerintah daerah untuk menegaskan kepada masyarakat, bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting dan perlunya dorongan dari orang tua kepada anak, agar anak tersebut mengikuti pendidikan anak usia dini.


Jadi, pendidikan anak usia dini sangat penting karena melatih karakter anak, sehingga untuk pendidikan selanjutnya anak tersebut sudah dibetuk  dan memiliki bekal untuk pendidikan selanjutnya.


Penulis: Benedikta Memang

RECENT POSTS