,

Iklan

Iklan

Pendidikan Sebagai Motivasi

@SerikatNasional
7 Apr 2022, 23:26 WIB Last Updated 2022-04-07T16:26:42Z

        


Dunia sekarang ini, sering kita jumpai seperti realita seseorang untuk mencapai dan mencari tahu apa yang belum diketahui. Di dalam ini  hidup kita semua manusia atau insan yang punya potensi pasti punya prinsip yang berbeda-beda agar kelak bisa  mencapai tujuan yang sama yakni mengejar sesuatu dengan terus berusaha dan menumbuhkan semangat dalam menjalani kehidupan yang dipenuhi dengan cara kita sendiri.


Contoh konkrit untuk menjalani kehidupan dengan cara sendiri dalam kehidupan sehari-hari: Pergi kemana-mana sendiri, mengenakan  sesuatu itu tanpa merepotkan orang lain serta mengurus semua perlengkapan sekolah tanpa melibatkan orang tua.Karena mengejar sesuatu itu, tidak ada yang diatur, itu semua tumbuh dan berkembang dari setiap individu manusia.


Manusia adalah ibarat lentera kadang dibutuhkan saat manusia sedang berada dunia yang penuh kegelapan. Individu dan realita tetaplah utuh, karena jika realita dari setiap pribadi manusia redup otomatis untuk mencapai motivasi dari  pendidikan juga ikut redup. Oleh karena itu, jadilah insan permata yang punya potensi yang kreatif dalam kehidupan sehari-hari.   


Pendidikan sebagai motivasi terus tumbuh  dan dipahami sesuai dengan perkembangan rasional yang bersifat positif, sesuai dengan ilmu dan proses berpikir yang cerdas dari setiap individu atau masyarakat kecil. Pendidikan terus berkembang sehingga motivasi untuk mendukung dan mendorong langkah untuk mendapatkan apa yang diinginkanpun berjalan sesuai dengan informasi dan pengetahuan  yang diperoleh. 


Jika tingkat pendidikan yang dimiliki oleh setiap individu semakin rendah otomatis Motivasi sebagai pendukung sebuah pendidikan semakin sempit dan dangkal. Untuk itu perlunya pendidikan bertujuan untuk memperoleh sedikit gambaran yang menyeluruh ke arah mana pendidikan itu dipelajari.

 

Pertumbuhan dan perkembangan kesadaran terhadap sebuah pendidikan itu sudah ada pada diri setiap manusia karena untuk mendapatkan sebuah proses yang maksimal kita harus melewati jalan yang panjang, melalui pendidikan dan pengajaran kemampuan dari seorang pelajar dalam memahami dan menghayati nilai-nilai yang terpenting dalam pendidikan dapat dikembangkan dengan mudah.


Pendidikan yang dijalani oleh setiap individu diharapkan dapat meningkatkan kecakapan hidupnya. Kecakapan itu bukan hanya memberikan kemampuan pada setiap individu untuk mampu mengerjakan suatu pekerjaan tertentu saja, melainkan meliputi keseluruhan kecakapan hidup setiap individu. Kecakapan hidup maksudnya kecakapan yang meliputi kecakapan berpikir kreatif dan inovatif. 


Tujuan utama dan yang paling penting dari sebuah pendidikan sebagai motivasi adalah memberikan kompetensi agar kemampuan para pelajar dapat berkembang secara menyeluruh dan dapat melanjutkan belajar pada jenjang pendidikan di atasnya. Kegagalan pencapaian tujuan pendidikan akan berdampak pada kegagalan pencapaian tujuan pendidikan nasional secara keseluruhan. Jika kita mempunyai prinsip yang lebih baik  terhadap sebuah proses pendidikan, maka kesadaran dan kemampuan kita sekarang ini akan menjadi bekal yang kuat sebagai anggota masyarakat Indonesia. 


Oleh: Hernita Luhur

(Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng Prodi PBSI)

RECENT POSTS