,

Iklan

Iklan

Gegara Longsor, Jalan Penghubung Dua Desa Lumpuh Total

SerikatNasional
24 Mar 2022, 13:05 WIB Last Updated 2022-03-24T07:21:38Z


TULUNGAGUNG - Akses jalan umum yang menghubungkan desa Tugu menuju desa Nyawangan hari ini tertutup total. Hal ini dikarenakan telah terjadi tanah longsor di Desa Nyawangan dan di Desa Krosok Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung.


Kapolsek Sendang AKP Agus Rianto saat dikonfirmasi awak media menjelaskan kejadian tersebut terjadi sekira pukul 17.00 WIB.


"Benar, jalan umum yang tertutup longsoran tanah dengan panjang sekitar 15 meter dan tinggi 15 meter dengan ketebalan kurang lebih 1 meter terjadi di dusun Jajar RT 01 RW 02 desa Nyawangan dan di kebun belakang rumah warga di RT 01 RW 02 desa Krosok, Kecamatan Sendang," terang Kapolsek, Rabu (23/03/2022).


Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan sesuai dari keterangan saksi - saksi, kejadian  pada Rabu (23/03/2022) sekitar pukul 16.00 Wib terjadi hujan yang cukup lebat dan sekira pukul 17.00 WIB ada suara gemuruh seperti barang roboh dan ketika di cek terjadi tanah longsor.


"Bersamaan itu pula, sekira pukul 17.00 WIB tanah longsor juga terjadi  belakang rumah Mukiyat, (50)  alamat  Rt.01 Rw 02 Dusun/Desa Krosok dengan panjang 5  meter dan tinggi 4 meter, tebal longsoran 80 Cm namun tidak sampai mengenai rumah warga.


Agus menambahkan, penyebab tanah longsor di Desa Krosok dan di Desa Nyawangan ini  diakibatkan karena turunnya hujan deras yang terjadi sore tadi mulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB.


Dengan adanya kejadian tersebut, perangkat desa  melaporkan kepada pihak Muspika Kecamatan sendang yang untuk kemudian bersama sama   mendatangi TKP dan melaporkan ke pihak BPBD untuk melaksanakan koordinasi penanggulangan.


 "Kami bersama unsur Muspika Sendang sudah mengecek ke lokasi kejadian dan sudah berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Tulungagung guna penanganan lebih lanjut," sambungnya.


Terkait penanganan selanjutnya, Kapolsek mengatakan jika pihaknya bersama unsur Muspika Sendang dan warga besuk akan melakukan kerja bakti membersihkan longsoran tanah yang menutup akses jalan. Sedangkan untuk sementara waktu  sambil menunggu pembersihan, jika warga ingin menuju desa Tugu ke Nyawangan atau sebaliknya petugas mengalihkan melalui  jalur alternatif yakni melalui dusun Jengglik desa Sendang.


"Rencananya kami besuk  bersama unsur Muspika dan warga akan melakukan pembersihan longsoran dengan alat seadanya, namun jika masih belum maksimal kita juga akan minta bantuan alat berat agar akses jalan bisa secepatnya digunakan lagi oleh warga," pungkasnya. (RED)

RECENT POSTS