,

Iklan

Iklan

Bupati Sumenep Ajak Para Kepala Desa Gunakan Dana Desa Untuk Pemberdayaan Ekonomi Desa

SerikatNasional
2 Des 2022, 10:41 WIB Last Updated 2023-01-09T03:42:16Z

 


SUMENEP- Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar Rapat Kerja Bupati Bersama Camat, Pendamping Desa dan Kepala Desa se-kabupaten Sumenep, Jumat, 2/12/2022.


Kegiatan tersebut bertempat di Graha Wicaksana Abdi Negara (Gedung Korpri) kabupaten Sumenep, tepatnya di jalan dr Cipto, Gudang, Kolor, Kec. Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi menuturkan, Kepala Desa hendaknya menggunakan anggaran Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD) untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dalam rangka mempercepat pembangunan desa dan meningkatkan sarana prasarana, baik infrastruktur maupun peningkatan perekonomian masyarakat di setiap desa.


“Pengelolaan Dana Desa (DD) yang dilaksanakan seluruh desa harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga salah satu program dana desa tersebut bisa menyentuh kepada pemberdayaan ekonomi dan peningkatan SDM masyarakat,” Kata Bupati dalam sambutannya.


Ia juga mengatakan, hendaknya DD dimaksimalkan untuk peningkatan perputaran ekonomi masyarakat, karena desa memiliki peran strategis sebagai kunci keberhasilan pembangunan daerah dan nasional.


“Program kegiatan pembangunan tingkat desa sebaiknya diselaraskan untuk mendukung pendapatan dan daya beli masyarakat, di antaranya dengan pemberdayaan para pelaku UMKM,” tambahnya.


Bupati berharap, jajaran pemerintah daerah dan desa harus meningkatkan sinergitas sebagai satu kesatuan paradigma dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, terutama menyelesaikan persoalan mulai dari tingkat desa.


“Kepala desa harus mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan kemajuan Kabupaten Sumenep dengan tagline Bismillah Melayani,” pungkasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas anggaran antara pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam upaya percepatan pelaksanaan pembangunan, penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat.


“Semoga kegiatan ini, bisa meningkatkan sinergitas pemerintah daerah dan desa untuk bergotong royong membangun Kabupaten Sumenep mulai tingkat desa,” pungkasnya. (War)

RECENT POSTS