,

Iklan

Iklan

Bupati Jombang Melepas Ekspor Perdana Rajangan Daun Talas Ke-Australia

SerikatNasional
9 Nov 2022, 10:15 WIB Last Updated 2022-11-10T23:42:29Z


Jombang - Rabu 2/11/22 pukul 14.30wib di Pendopo Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang  pelepasan Eks Sekjenpor Rajangan Daun Talas ke Australia.


Acara dihadiri Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab, camat kabuh Bpk Anjik, kepala desa sekecamatan kabuh, kepala dinas pertanian, Dinas perindustrian, Dinas perdagangan, Dinas Cukai, Potan dan Gapotan.


Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab menyampaikan bahwah tanaman talas yang selama ini oleh masyarakat yang dianggap tanaman liar yang tumbuh di pinggir-pinggir sungai umbi dan batangnya hanya untuk kosumsi sayur saja, teryata daunnya bisa menjati lahan usaha dengan keuntungan yang menjanjikan.


Wilayah jombang yang memiliki potensi talas yang cukup besar adalah kecamatan kabuh dan kecamatan Wonosalam yang sudah membudidayakan tanaman talas yang tidak membutuhkan pupuk kimia sehingga petani akan dapat berbudidaya talas persediaan bahan baku tercukupi.


Disamping umbinya tanaman talas daunnya bisa dimanfaatkan sebagai penganti tembakau yang dirajang dikeringkan diproduksi sebagai rokok oleh CV. EXIM TRADERS.


Dari hasil tanaman talas Jombang menhasilkan rajangan daun kering yang diekspor perdana tanggal 2/11/22 ke Australia seberat 700 ton  yang kalau dikurskan sebesar Rp. 23 Milyar.


Dengan adanya serial Ekspor perdana rajangan daun talas ini diharapkan dapat meningkatkan ketertarikkan petani untuk menanam atau membudidayakan tanaman talas sehingga pendapatan petani akan bertambah.(Ysf)

RECENT POSTS