,

Iklan

Iklan

SMANTA Berhasil Mengalahkan SMA Negeri Wolwal di Turnamen LPI Kabupaten Alor

@SerikatNasional
18 Jun 2022, 09:37 WIB Last Updated 2022-06-18T02:37:21Z


ALOR - Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Tamalabang berhasil melaju ke Babak 8 besar Turnamen Liga Pelajar Indonesia (LPI) SMA/SMK/MA Tingkat Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur tahun 2022 setelah menang tipis 1-0 kontra SMA Negeri Wolwal pada babak penyisihan grup sebagai Runner Up (urutan kedua) di Stadium Mini Kalabahi, Jumat (17/6/2022) pagi.


Sebelum pertandingan pamungkas melawan SMA Negeri Wolwal, SMANTA demikian julukan SMA Negeri Tamalabang menduduki posisi ketiga dengan point 4 dari 3 kali pertandingan dengan 1 kali menang, 1 kali kalah dan 1 kali seri dari 5 Tim di grup A. Sementara SMA Negeri Wolwal urutan kedua dengan point 6. Sementara di urutan pertama sekaligus juara grup dikunci oleh Tim Sepakbola Putra SMA Negeri 2 Kalabahi.


Pelatih SMANTA, Arkalaus Lalang, S.Pd menurunkan kesebelasan pemain dengan formasi bertahan menyerang pada laga ini yang dimulai pukul 08:20 WITA di Lapangan Sepakbola Mini Kalabahi. Serangan dibalas serangan, Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Tamalabang belum berhasil membobol gawang Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Wolwal hingga wasit meniupkan peluit berakhir untuk isyarat babak pertama telah berakhir.


Namun, dengan kerjasama dan motivasi dari Official, Pelatih dan Pemain SMA Negeri Tamalabang di babak kedua pada detik-detik terakhir kurang dari 2 menit sebelum pertandingan selesai, Muhamad Ikbal Perang Sir dengan nomor punggung 6 berhasil membobol gawang SMA Negeri Wolwal dari serangan balik yang dilancarkan. Sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk SMANTA hingga berakhirnya pertandingan pamungkas grup A ini.


Dengan raihan kemenangan tersebut, Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Tamalabang berhasil menempati posisi kedua/ Runner Up dengan point 7 dan dipastikan lolos melaju ke babak 8 besar Turnamen LPI tahun 2022.


Usai pertandingan, Arkalau Lalang kepada Bidik News menyampaikan terima kasih kepada official dan para pendukungya yang ikut memberikan dukungan kepada pemainnya dalam menjalani laga pamungkas ini.


"Di babak pertama itu saya pake formasi bertahan menyerang. Kemudian di babak kedua saya ubah formasi menyerang. Oleh karena itu sampai di menit ke 18 (kurang 2 menit pertandingan berakhir) itu, atas nama siswa nomor punggung 6 Ikbal Perang Sir berhasil membobol gawang dari SMA Negeri Wolwal," beber Pelatih SMANTA.


"Mereka (pemain SMA Negeri Tamalabang) punya pola bermainnya bagus dan luar biasa, walaupun dalam kondisi matahari panas. Saya secara pribadi dalam waktu 18 menit tinggal 2 menit tersisa waktu (pertandingan) mencetak gol itu saya rasa sangat luar biasa. Pendamping, pelatih, teman-teman guru, pendukung-pendukung merasa bahwa itu karena Tuhan," ungkapnya.


Arkalaus optimis dengan strategi dan permainan yang bagus ini sebagai modal Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Tamalabang untuk mempersiapkan lebih matangnya lagi pada pertandingan 8 besar dan pertandingan selanjutnya kedepan.


"Saya akan terus melatih (pemain SMANTA) untuk bagaimana bisa bermain di babak 8 besar. Yang terbaik untuk SMA Negeri Tamalabang, dan kami akan tunjukkan itu ketika masuk arena (lapangan)," bebernya.


Datang dari seberang pulau ke Ibukota Alor dengan transportasi laut (perahu motor), Pelatih SMANTA Arkalaus Lalang, S.Pd, yang juga Wakasek Kesiswaan SMA Negeri Tamalabang ini, meyakinkan timnya akan terus berada dan menjadi juara di pertandingan LPI tahun 2022 hingga selesai dengan sebuah pepatah.


"Untuk melewati tanjung kelelaka (Pulau Pantar), kemudian tanjung pura (Pulau Pura), terus mulut kumbang (Pulau Alor) tidak segampang yang kita pikirkan. Tetapi SMANTA (SMA Negeri Tamalabang) mampu untuk melewati tiga arus di tiga pulau yang arus kencang. Oleh kerena itu, SMA Negeri Tamalabang mampu juga melewati babak penyisihan grup masuk babak perempat final. Akan mampu masuk pada final nanti," ucapnya.


Rencananya, Tim Sepakbola Putra SMA Negeri Tamalabang akan berhadapan dengan SMA Negeri 1 Kalabahi pada babak 8 besar. Jika itu terjadi, demikian diungkapkan salah satu official Tim SMANTA, akan tercatat dalam sejarah cabang olahraga bergensi ini.


"Untuk kita SMA Negeri Tamalabang masuk 8 besar, jadi otomatis Runner Up Poll A lawan Juara Grup Poll B. Sejarah mencatat bahwa SMA Negeri Tamalabang dan SMA Negeri 1 (Juara Grup Poll B) akan bertanding yang kedua kali di LPI ini," ungkap Pendamping, Yesua Kelendonu.


"Melewati arus tiga tanjung itu tidak segampang yang kita pikirkan, begitu juga dengan SMA Negeri Tamalabang lolos di babak penyisihan grup. Tetapi ketika kita mampu melewati arus yang ada, dengan demikian masuk 8 besar optimis kita menang," kata Pendamping Semry Nero Leng dengan sebuah pepatah. (Markus)

RECENT POSTS