,

Iklan

Iklan

Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang

@SerikatNasional
20 Mar 2022, 23:10 WIB Last Updated 2022-03-20T16:15:39Z


Oleh: Hendrikus Saldun (Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng Jurusan PBSI)


Pendidikan sangatlah penting. Mengapa demikian? Karena pendidikan membuat kita menjadi manusia terdidik. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap manusia Indonesia berhak mendapatkannya dan diharapkan untuk selalu berkembang didalamnya, pendidikan tidak akan ada habisnya.


Pendidikan secara umum mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Kita dididik menjadi orang yang berguna baik bagi Negara, Nusa dan Bangsa.


Pendidikan pertama kali yang kita dapatkan di lingkungan keluarga (Pendidikan Informal), lingkungan sekolah(Pendidikan Formal), dan lingkungan masyarakat (Pendidikan Nonformal). Pendidikan Informal adalah pendidikan yang diperoleh seseorang dari pengalaman sehari-hari dengan sadar atau tidak sadar, sejak seseorang lahir sampai mati. Sebagai orang tua tentunya memiliki tujuan tertentu dalam mendidik dan membesarkan anak dan masing-masing memilki cara tersendiri untuk mewujudkan Pendidikan dalam lingkungan keluarga. 


Sebagaimana diungkapkan bahwa penidikan keluarga adalah yang pertama dan utama. Pertama yang dimaksudkan adalah kehadiran seorang anak dalam lingkungan keluarga, yang disebapkan hubungan eksistensi anak untuk menjadikannya kelak sebagai pribadi, bukan hanya itu tetapi juga memberikan Pendidikan anak sebagai individu yang tumbuh dan berkembang. 


Dalam hal ini, Pendidikan yang diperoleh dalam keluarga menjadi patokan utama agar dia bisa menjadi manusia yang berguna, bukan hanya berkaitan dengan materi seperti yang mereka dapatkan disekolah, tetapi yang paling mendasar adalah pembentukan karakter, sifat, maupun tingkah laku.Adapun Pendidikan yang perlu diwujudkan dalam lingkungan keluarga yaitu;


 1). Pembentukan intelektual 


Kecerdasan cara berpikir sesorang tentunya tidak lahir dengan sendirinya dalam diri, melainkan perlu dididik dan dibina agar sesoarang bisa menjadi manusia yang berakal budi. Dalam hal ini, Pendidikan sangat dibutuhkan agar dia mampu membedahkan mana yang baik dan benar dalam melakukan sesuatu. 


2). Pembinaan Akidah dan Akhlak


Akidah adalah bentuk penyaksian dari sebuah keimanan atas keesaan Tuhan. Sedangkan akhlak adalah implementasi dari iman dalam segala bentuk perilaku, Pendidikan dan pembinaan akhlak anak.Upaya yang dilakukan agar akhidah dan akhlak tersebut diwujudkan dalam diri seorang adalah orang tua harus mampu memberikan pengetahuan berkaitan dengan keagamaan. Hal tersebut bertujuan agar sesorang dapat menunjukan sikap yang baik yang berkaitan dengan agama.


 3). Pembinaan kepribadian dan sosial 



Pembentukan kepribadian membutuhkan waktu yang sangat lama, agar mampu membedakannya antara manusia yang satu dengan yang lain. Jika kepribadian sesorang dibina sejak dini, maka secara otomatis dia akan menjadi manusia yang terbiasa dalam berperilaku sopan santun dalam bersosial dengan sesamanya. Untuk memulainya orang tua mengajarkan bagaimana caranya mengormati orang tua, maka dari itu mereka akan terbiasa. 


 Akan tetapi zaman sekarang banyak juga yang tidak mampu menerapkan hal diatas mungkin karena cara yang dilakukan oleh orang tua dalam membina sikap dan tingkah laku mereka. Terkadang juga sikap orang tua dapat mempengaruhi proses belajar sesorang, sebagai orang tua harus sabar dan mampu mempelajari watak dari setiap anak. Dan pendidikan formal adalah pendidikan di sekolah sejak SD sampai ke Perguruan tinggi. Ada berapa poin betapa pentingnya pendidikan:


Seperti yang ditegaskan dalam UU NO.2 Tahun 1985 Bahwa tujuan Pendidikan itu adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya, yaitu bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan,sehat jasmani dan rohani, memiliki budi pekerti luhur, mandiri, kepribadian yang mantap, dan bertanggungjawab terhadap negara. 


Dengan bekal Pendidikan yang baik, masyarakat akan mendapatkan peluang kerja  baik di masyarakat dan masa depan yang cerah. Ditambah dengan pesatnya kemajuan zaman dan teknologi di Indonesia, Pendidikan harus dijadikan prioritas.


Berikut ini adalah alasan pentingnya Pendidikan untuk masa depan; Membangun Karakter yang Baik, dengan Pendidikan massyarakat dapat mempelajari tentang sopan santun dan hal-hal yang baik lainnya. Pendidikan sangat penting untuk membangun karakter anak bangsa. Masyarakat dengan Pendidikan bisa menghadapi masalah dengan bijak. Selain itu, Pendidikan juga akan membuat individu lebih manusiawi dan memiliki toleransi tinggi.

RECENT POSTS