Iklan

https://www.serikatnasional.id/2024/10/blog-post.html

Iklan

,

Iklan

Responsif, RSUD Sumenep Bertransformasi Menuju Pelayanan Kesehatan yang Prima

SerikatNasional
10 Jul 2025, 11:35 WIB Last Updated 2025-07-10T04:35:10Z


Sumenep, Serikatnasional.id | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus menunjukkan komitmen kuat dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat. 


Terbukti, di bawah kepemimpinan dr. Erliyati, M.Kes, rumah sakit plat merah milik Pemerintah Kabupaten Sumenep ini secara konsisten melakukan berbagai pembenahan dan inovasi demi mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima, cepat, dan menyeluruh.


Langkah transformasi ini menjadi bagian dari visi besar RSUD Sumenep sebagai institusi pelayanan publik yang responsif dan adaptif terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat di wilayah ujung timur Pulau Madura. Dalam beberapa bulan terakhir, berbagai perbaikan signifikan dilakukan—mulai dari optimalisasi sarana dan prasarana, pembenahan sistem antrean dan informasi, hingga penguatan SDM kesehatan melalui pelatihan dan sertifikasi kompetensi secara berkala.


“RSUD tidak hanya sebagai tempat pengobatan, tapi juga sebagai pusat pelayanan yang humanis, cepat tanggap, dan berbasis teknologi informasi. Kami ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang mempercayakan kesehatannya kepada kami,” ujar dr. Erliyati, Kamis (10/7/2025).


Fokus pembenahan tidak hanya pada sisi kuratif, tetapi juga menyentuh aspek preventif dan promotif. RSUD Sumenep aktif melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat, skrining penyakit kronis, hingga menyelenggarakan kampanye gaya hidup sehat. Pendekatan ini sejalan dengan upaya promotif nasional dalam menekan angka penyakit tidak menular dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.


Tak hanya itu, rumah sakit juga mulai memanfaatkan digitalisasi pelayanan. Inovasi berbasis teknologi informasi seperti sistem pendaftaran online dan integrasi data pasien mulai diimplementasikan untuk mempercepat dan mempermudah akses layanan.


Masyarakat pun mulai merasakan dampak positif dari perubahan tersebut. Salah satu pasien yang ditemui di ruang pelayanan menyampaikan kesannya.


“Sekarang pelayanannya jauh lebih cepat dan ramah. Petugasnya juga membantu dengan sabar. Kami sebagai pasien merasa lebih dihargai dan nyaman,” ujarnya.


Berbagai capaian tersebut menjadi bukti konkret dari keseriusan RSUD dr. H. Moh. Anwar dalam memberikan pelayanan terbaik. Ke depan, manajemen rumah sakit menegaskan akan terus berinovasi, baik dalam aspek manajemen internal maupun kemitraan strategis lintas sektor guna memperluas cakupan layanan.


“Kami ingin menjadikan RSUD Sumenep sebagai rumah sakit rujukan yang berkualitas, tidak hanya di Madura, tetapi juga di wilayah tapal kuda Jawa Timur,” pungkas dr. Erliyati.


Dengan berbagai langkah ini, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep optimistis mampu memperkuat kepercayaan publik, sekaligus turut mendorong tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang lebih tinggi di Kabupaten Sumenep dan sekitarnya.