Sumenep, Serikatnasional.id | Upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus ditingkatkan. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan.
Pelaksana Harian RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, drg. Ellya Fardasah, M.Kes, melalui Kasi Informasi RSUD Erfin Sukayati, M.Kes mengungkapkan, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga harus diimbangi berbagai fasilitas yang memadai, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik.
Seperti misalnya adanya petugas konsultasi Mobile JKN yang selama ini sangat membantu pasien JKN-KIS/UHC dalam mendapatkan layanan di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep, khususnya bagi pasien yang berkunjung ke Poliklinik.
“ini adalah bukti komitmen bahwa Rumah Sakit ini telah berupaya semaksimal mungkin untuk selalu mempermudah, ini yang perlu ditekankan, mempermudah. Siapa yang dipermudah? Tentu pasien JKN-KIS atau UHC. Hal Itu juga sebagai bentuk komitmen kami terhadap janji layanan,” Erfin menjelaskan. Selasa, 27 Mei 2025
Sebagai Rumah Sakit milik pemerintah yang saat ini sudah berstatus kelas B, RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep harus diakui merupakan rumah sakit dengan layanan termasuk yang lengkap di Sumenep.
Dikalimatkan oleh Erfin, ada beberapa layanan kesehatan hanya ada di Rumah Sakit milik pemerintah ini diantaranya seperti layanan spesialis bedah Onkologi, spesialis Ortopedi, layanan Cuci darah (Hemodialisa), layanan kemoterapi dll.
Sementara itu di rumah sakit ini juga memiliki fasilitas unggulan dengan pengadaan alat kesehatan (Alkes) yang lebih canggih, seperti alat radiologi, USG, 4DCT-Scan, Ventilator, dan Digital Radiografi.
Sedangkan untuk rawat inap, terdiri dari Graha Rawat Inap Utama (GRIU), ruang perawatan penyakit dalam, ruang perawatan bedah, ruang perawatan anak, ruang perawatan obstetrik dan genikologi, ruang perawatan intensif, ruang perawatan intermedia.
Selain itu lanjut Erfin, untuk penunjang pelayanan RSUD, yakni ada 2, yang pertama, penunjang pelayan medik yang terdiri dari laboratorium, instalasi radiologi, instalasi gizi, instalasi farmasi, instalasi CSSD, ambulance, dan rehab medik. Dan untuk penunjang pelayanan non medik, yakni instalasi pemeliharaan sarana rumah sakit, instalasi pemulangan jenazah, instalasi sanitasi, sekuriti, laundry, SIM RS, front office, ISO, instalasi peduli pelanggan, dan K3.
“Yang jelas, kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memperhatikan pelayanan kepada masyarakat, agar rumah sakit ini dapat memberikan pelayanan terbaik dan terlengkap,”tandasnya.
Pihaknya juga berharap sinergitas dari semua pihak agar segala upaya peningkatan di RSUD dalam memberikan pelayanan bisa berjalan dengan baik.
Penulis: Rasyidi