,

Iklan

Iklan

BPP Guluk-guluk Gelar Rakor Bersama Gapoktandes Dan Kios, Ini Yang Dibahas

SerikatNasional
22 Apr 2024, 18:34 WIB Last Updated 2024-04-22T15:30:50Z



Semenep (Serikatnasional.id),- BPP Kecamatan Guluk-guluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur mengadakan rakor bersama Gapoktandes Guluk-guluk dan kios, dalam rangka percepatan tanam musim ke 2 dan penebusan pupuk tahun 2024.


Dalam kesempatan acara rakor tersebut Korluh Pertanian Kecamatan Guluk-guluk Kurniawan adi warsa,SP. Pihaknya menyampaikan bahwa peningkatan IP itu menjadi atensi pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian. 


Pihaknya menyampaikan hingga detik ini serapan pupuk memang dibawah target untuk desa guluk-guluk sendiri. 


"Progresnya masih 30% dari total jatah pupuk yang ada, sehingga saya sebagai Korluh sudah berkoordinasi dengan kios ataupun distributor untuk mempercepat penyaluran pupuk subsidi ke kelompok, karna melihat kondisi tanaman yang ada sangat memerlukan pupuk, " Ujarnya kepada media ini. Senin 22 April 2024. 



Korluh Guluk-guluk juga menyampaikan bahwa ketersediaan air menjadi sarana utama untuk meningkatkan IP (indek pertanaman). 


"yang semula biasa tanam 1 kali dengan adanya ketersediaan sumber air dan sarana yang lain maka bisa ditingkatkan menjadi IP 200," Katanya.


"apalagi sekarang masih ada turun hujan, sehingga kelompok tani yang memang cukup air wajib tanam 2 kali. " Himbaunya. 


Ia juga berharap apa yang menjadi foktor utama kebutuhan petani di Guluk-guluk bisa terpenuhi. Sehingga petani bisa memanfaatkannya dengan baik sesuai kebutuhannya. (Rasyidi) 





RECENT POSTS