,

Iklan

Iklan

Anak Kecanduan Gadget, Begini Tips Dokter Spesialis Mata RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Agar Kesehatan Mata Anak Tetap Terjaga

SerikatNasional
19 Apr 2024, 17:39 WIB Last Updated 2024-04-28T09:21:02Z


Sumenep (Serikatnasional.id),- Gadget mampu merevolusi cara bermain, belajar dan intraksi anak.  Era digital ini, anak usia dini tumbuh dengan kemudahan dalam mengakses gadget, seperti smartphone, tablet, bahkan laptop banyak menyita atau mengambil alih intraksi anak dengan teman bermainnya.


Selain menyita waktu dan intraksi pada orang lain, kecanduan gadget akan menggangu pada kesehatan terutama pada mata. Bahkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengharapkan para pemangku kepentingan dan masyarakat semakin peduli dengan kesehatan mata. 


Oleh sebab itu, dokter Spesialis di Poli Mata RSUD dr. H. Moh Anwar Sumenep dr. Karnedi, SP. M dan dr. Fardian Yedasukma, SP. M memberikan edukasi dalam podcast mengenai pentingnya menjaga kesehatan mata anak ditengah kecanduan anak pada gadget. 


Spesialis mata ini menyampaikan, untuk menjaga anak balita (umur dibawah 5 tahun) yang pertama seharusnya tidak boleh kontak langsung dengan gadget. Namun demikian kata dr. Karnedi, SP. M , kondisi jaman modern saat ini cara mengatasinya harus dengan benar dan serius. 


Dr. Karnedi, SP. M  menjelaskan, jika anak sudah terlanjur kecanduan gadget, saat orang tua melarang untuk main gadget anak balita akan nangis terus menerus dan berakibat pada gangguan psikologi anak. Maka untuk menghindari hal tersebut, orang tua harus bisa membatasi anak main gadget paling lama dengan durasi waktu 20 menit. 


"Tapi yang dua puluh menit diselingi lagi, dua puluh menit main gadget, dua puluh menit istirahat, istirahat dan betul betul tidak melihat gadget lagi, " Jelasnya di podcast yang dipandu Henman Wahyudi, S.I Kom di kanal YouTube resmi RSUD dr. H. Moh. Anwar. 


Seharusnya lanjut dr. Karnedi, SP. M, 60 menit untuk anak dibawah lima tahun, tetapi untuk usia anak diatas 5 tahun ada aturannya lagi 2x60 menit. Tetapi tetap diselingi dengan istirahat ada rumusnya 20 menit. 


Ditempat yang sama, dr. Fardian Yedasukma, SP. M menjelaskan tentang gejala Computer Vision Syndrome. Menurutnya ada banyak sebenarnya gejala dari Computer Vision Syndrome diantara yang paling sering adalah penglihatan anak mulai menurun atau kabur. 


" Biasanya kalo belita, kalo berjalan mulai agak terganggu. mungkin karena penglihatan kabur. yang kedua ada penglihatan dobel jadi ada dua bayangan, karena matanya lelah dikarenakan keseringan main gadget, " Kata dr. Fardian. 


Sejauh ini, kata dr. Karnedi, SP. M banyak yang datang ke poli anak di RSUD dr. H. Moh. Anwar dengan keluhan mata cepat berkedip-kedip itu yang paling sering. Itu menandakan anak sudah terjangkit Computer Vision Syndrome. 


"Itu yang paling sering mata berkedip-kedip, Yang kedua mata lelah disebabkan kering kornianya kering menyebabkan sensasi pada mata, " Jelasnya. 


Dengan gejala computer vision syndrome ini kata dokter spesialis ini, akan mengabatkan rabun jauh terhadap balita, dan akibat dari rabun jauh ini dapat mengakibatkan strabismus, mata berkedip-kedip dan kornia mata kering. 


Oleh sebab itu, dr. Karnedi, SP. M menghimbau kepada orang tua khusus yang memiliki anak dibawah lima tahun untuk tetap menjaga kesehatan terutama mata anak terus konsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Juga menjaga dan meningkatkan vitamin yang seimbang. 


Kasi Informasi  RSUD.H.dr.Moh. Anwar Erfin Sukayati,M.Kes juga menegaskan bahwa kecanduan Gadget memicu efek samping berbahaya bagi kesehatan mata, otot-otot mata menjadi cepat lelah, mata kering, penglihatan menjadi buram (computer vision syndrome) seperti yang di jelaskan dus dokter spesialis mata tersebut. 


"sehingga kita sebagai orang tua harus benar-benar memantau dengan ketat dan  benar-benar membatasi  penggunaan gadget pada anak kita,"katanya. Jum'at 19 april 2024.


Disamping itu katanya, kita sebagai orang tua harus bisa berikan edukasi dan pemahaman supaya anak belajar bijak dalam menggunakan gadget. 


Penting diketahui bahwa, di Poli Mata RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dilayani oleh dua Spesialis Mata yaitu dr. Karnedi, SP. M dan dr. Fardian Yedasukma, SP. M. 



Penulis: Rasyidi
















RECENT POSTS