,

Iklan

Iklan

Panitia Retret Nasional Pemuda Katolik Audiensi Dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan

@SerikatNasional
13 Okt 2023, 06:38 WIB Last Updated 2023-10-12T23:44:48Z

MAKASSAR - Panitia Retret Nasional (RetNas) Pemuda Katolik beraudiensi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada Kamis (12/10/2023). 


Pertemuan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kegiatan Seminar Nasional, Retret Nasional dan Anjangsana Pemuda lintas Agama dengan mengangkat tema "Pemuda Katolik Mempertegas Semangat ke-Indonesiaan Melalui Internalisasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Dijiwai Sprit Kekatolikan".


Kegiatan tersebut akan berlangsung di Tana Toraja dan Toraja Utara pada tanggal 16 - 19 November 2023.  



Andi Rapa, selaku ketua panitia menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu mendorong terciptanya gerakan bersama yang memiliki wawasan kebangsaan multikulturalisme guna terciptanya persatuan di bumi Indonesia. 


"Kegiatan ini merupakan hasil Rakernas yang telah ditetapkan di Manado sehingga menetapkan Komda Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah karena Sulsel dilihat sebagai Indonesia mini  dan posisinya ada di tengah tengah wilayah Indonesia. 


Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah yang multicultur dan beragam adat dan budaya menarik perhatian Pemuda Katolik seluruh Indonesia untuk hadir secara langsung berkegiatan di Sulawesi Selatan," ungkapnya. 


Kegiatan ini juga dalam rangka kolaborasi dan sinergitas antara Pemerintah dengan Ormas Pemuda Katolik.


Lanjut Andi Rapa selaku ketua panitia lokal mengatakan bahwa kemeriahan kegiatan ini akan dihadiri oleh 286 KOMCAB dan 34 KOMDA Se-Indonesia. 


"Kami berharap agar dukungan dari pemerintah Pemprov Sulsel bisa membantu terlaksananya kegiatan kami. Dengan  terselenggaranya kegiatan ini diharapkan  tercapainya harmonisasi hubungan antar umat beragama yang toleran, damai dan tentram dalam menyambut Pemilu Tahun 2024," harapnya. 


Sementara itu Adnan Nawawi selaku Koordinator Pelayanan Dasar Biro Kesra Pemerintah Provinsi  Sulsel mengatakan bahwa mewakili Pemprov Sulsel memberikan apresiasi karena telah memilih Sulsel sebagai tuan rumah dalam agenda nasional Pemuda Katolik yang bertempat di Tana Toraja dan Toraja Utara.


"Harapannya kolaborasi antara pemerintah Pemprov Sulsel dan Pemuda Katolik dapat bersinergi dengan baik," ungkapnya. 



Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (KOMCAB) Kota Makassar Periode 2023 - 2026 Yoris Ratu Subah berharap dengan berjalannya kegiatan ini Pemuda Katolik akan selalu menjadi wadah yang siap mentransformasikan visi toleransi di Indonesia dalam menjaga iklim demokrasi yang damai. Sekaligus sebagai upaya menimalisir terciptanya konflik antar umat beragama dalam  kehidupan multikulturalisme. 


"Kegiatan ini juga sebagai konsolidasi Komitmen  dan peneguhan spiritualitas pelayanan kader organisasi. Harapannya juga pemerintah pusat dan pemerintah pemprov dalam hal ini Dr. Drs. Bahtiar Baharuddin, M.Si (Pjs Gubernur Sulawesi Selatan) turut Hadir dan Berpartisipasi selama proses kegiatan ini berlangsung," ungkap Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (KOMCAB) Kota Makassar. 


Kegiatan ini akan dihadiri oleh pengurus Pusat, Pengurus KOMDA, Pengurus Komcab, Pemuda Lintas Agama, Pelajar/Mahasiswa, Panitia dan Masyarakat Umum. Tentunya akan membuat semarak kegiatan ini akan menjadi lebih meriah. (Tim/Red) 

RECENT POSTS