,

Iklan

Iklan

Musik Tong-tong se-Madura Akan Menghibur Warga Dalam Kalender Event Of Sumenep, Begini Kata Bupati

SerikatNasional
8 Okt 2023, 06:07 WIB Last Updated 2023-10-08T22:50:46Z


SUMENEP (Serikatnasional.id),- Puluhan grup musik Tong-tong se-Madura akan menghibur warga dalam Kalender Event Of Sumenep yang berlangsung pada 14 Oktober 2023 mendatang.


Dalam acara itu, mereka akan membawakan satu lagu wajib dari Madura seperti Malate Pote dan Kembang Pesisir.


Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, acara tersebut digelar untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Madura.


“Dengan pementasan itu, kecintaan warga akan budaya-budaya khas Madura terus tumbuh dan terjaga,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, Jum’at (06/10/2023).


Menurut orang nomer satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu menyebut musik Tong-tong merupakan budaya Madura yang memiliki ciri khas tersendiri dan belum dimiliki oleh daerah lain.


Bahkan kata Ketua DPC PDI-P Kabupaten Sumenep menuturkan karya seni tersebut terus ditampilkan agar tidak terkikis perkembangan zaman.


“Budaya kita harus terus dijaga dan dirawat dengan berbagai cara. Ya, salah satunya dengan festival ini menjadi presentasenya,” tuturnya.


Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) Sumenep Edi Susanto menambahkan, total ada 40 grup musik Tong-tong yang akan memeriahkan acara itu.


“Ada 33 grup dari kabupaten Sumenep. Sedangkan, sisanya adalah perwakilan dari masing-masing kabupaten di Madura, seperti Pamekasan, Sampang dan Bangkalan. Festival lomba musik Tong-tong akan dimulai pukul 19.00 WIB,” terangnya.


Edi menambahkan, para peserta akan berangkat dari dari utara Taman Adipura Kota Sumenep, menuju Jalan Trunojoyo, Jalan Haperkus, Jalan Imam Bonjol dan finish di depan toko eletronik Spectra Jalan Agus Salim. (Ras)

RECENT POSTS