,

Iklan

Iklan

Ruang ICU RSUD dr. H. Moh. Anwar sumenep sudah memenuhi standard Permenkes Akreditasi dan ISO 9001, begini harapan dr. Erliyati ,M.Kes

SerikatNasional
6 Jun 2023, 20:54 WIB Last Updated 2023-06-06T14:25:08Z



SUMENEP (SERIKAT) - Ruang ICU RSUD dr. H. Moh. Anwar sumenep merupakan salah satu Ruang Pelayanan yang sudah memenuhi standard Permenkes Akreditasi dan ISO 9001.


Direktur RSUD, dr. Erliyati ,M.Kes menegaskan, Ruang ICU RSUD sudah sesuai dengan Permenkes. Terbukti kata Dirut, RSUD sudah dinyatakan lulus oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). 


"Disitu saya kan lulus, dinyatakan lulus kita, bahkan bukan hanya Akreditasi, setiap beberapa bulan ada munitnya dari Provinsi, jelasnya, Senin, 05 Januari 2023.


Namun kata Dirut, sejak diberlakukannya UHC oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep kapasitas Ruangan di RSUD sering penuh.


"Kalau dulu sakit itu takut yang mau berobat, karna takut tidak ada uang,katanya.


Sejak diberlakukannya UHC (sekarang) lanjut Dirut, masyarakat yang sakit langsung dibawa, jadi kunjungan ke RSUD untuk berobat semakin meningkat.


Mantan Kepala Puskesmas Pragaan ini menjelaskan, akhirnya semua kebutuhan dirumah sakit dr. H. Moh. Anwar sumenep meningkat sejak diberlakukannya UHC. Namun kalau Ruang ICU bukan dari diberlakukannya UHC, sebelumnya sudah meningkat. Karna memang kepercayaan masyarakat pada rumah sakit sumenep sudah meningkat.


"Sering pak ada pasien yang minta di rawat di ICU, sedangkan pasien yang obname di ICU kan lama, tidak bisa satu hari harus stabil, dokternya tidak mau meskipun antri kalau yang di rawat belum stabil tidak boleh keluar, yang keluar ini karena mau di rujuk ke swasta atau kemana," katanya.


Alternatifnya jika ruang ICU penuh, sesuai dengan aturan pihaknya menghimbau untuk meletakkan pasien jika memungkinkan di tempat transit. Atau jika tidak memungkinkan perlu ICU bayi lahir misalnya perlu ventilator, disini ventilatornya dipakai semua oleh bayi, pihak rumah sakit  menyarankan untuk rujuk.


"Jadi bayi lahir belum cukup bulan, belum bisa nafas di pakai satu-satu, itu lama kadang 1 bulan, 3 bulan ICU bayi. Kalau sudah penuh mau anaknya orang di ganti ? tidak mungkin mau," 


Diketahui bersama, ICU itu yang diutamakan adalah alat bantu nafas dan penjagaan yang intensif, jadi ruangannya harus ketat pengawasannya. Bahkan ruang ICU tidak boleh banyak yang masuk.


Berbicara kapasitas, kapasitas ICU RSUD dr. H. Moh. Anwar sumenep berjumlah 9 hingga 11. sehingga rumah sakit mengambil BLUD, meski begitu ruangannya melum mencukupi, akan tetapi disatu sisi ini menjadi bukti bahwa kepercayaan masyarakat terhadap RSUD bertambah. 


Dengan begitu, orang nomor satu di RSUD. dr. H. Moh. Anwar Sumenep berharap dengan bertambahnya kepercayaan masyarakat, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan, sarana prasarana yang ada di rumah sakit yang di pimpinnya.


"Semoga ayo, Rumah Sakit Sumenep ini harus maju, bahkan kami akan berusaha menambah gedung, jika tidak bisa menambah ke atas, semoga bisa membambah kesamping, kami memang ada rencana untuk beli lahan," pungkasnya. (Ras/Red)












RECENT POSTS