,

Iklan

Iklan

Luar Biasa, Ada 116 turis yang berasal dari Amerika dan Australia berkunjung ke kabupaten Sumenep

SerikatNasional
1 Mar 2023, 20:21 WIB Last Updated 2023-11-27T06:52:40Z



Sumenep (Serikatnasional.id),- Kabupaten berlambang kuda terbang yang berada di paling ujung timur pulau Madura, kali ini kebanjiran Wisatawan Mancanegara (Wisman). Rabu (1/3/2023).


Berdasarkan pengakuan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Mohammad Iksan, ada 116 turis yang berasal dari Amerika dan Australia berkunjung ke kabupaten Sumenep.


“Hari ini kami kedatangan turis yang berasal dari Amerika kemudian juga ada dari australia jadi semuanya ada 116 sejumlah turis,” kata Iksan, saat dihubungi media ini. Rabu (1/3).


Saronen Sambut Kedatangan Ratusan Wisman Yang Berkunjung Ke Sumenep

Iksan menyampaikan bahwa para Wisman saat tiba di kabupaten Sumenep langsung disuguhi Saronen yang merupakan salah satu kesenian tradisional, selain itu kata Iksan, pihaknya juga menyuguhkan kuliner tradisional khas Sumenep.


“Tadi mengunjungi museum keraton, kemudian kita juga suguhkan kesenian tradisional yaitu saronen, kemudian kita suguhkan kuliner tradisional kabupaten Sumenep, contoh ada apen, getas, kripik singkong dan lain-lain,” papar Iksan.


Mantan kepala dinas sosial ini berucap syukur sebab, respon dari para turis yang berkunjung ke kabupaten Sumenep tersebut luar biasa, mereka sangat kagum terhadap budaya kesenian dan kuliner tradisional kabupaten Sumenep.


Saronen Sambut Kedatangan Ratusan Wisman Yang Berkunjung Ke Sumenep

Pada saat di Museum, Pemkab Sumenep melalui OPD terkait juga memperkenalkan keris beserta cara pembuatannya yang berasal dari Desa Aeng Tongtong, tidak hanya itu Iksan juga memperkenalkan cara membatik. “Dan ada hasil batik yang dibeli oleh para turis,” imbuhnya.


Oleh karena itu kata Iksan, berlabuhnya kapal para Wisman menunjukkan bahwa Pemkab Sumenep sudah siap dan bisa dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dengan aman dan tidak terjadi apa-apa.


“Ke depan memang kami akan selalu menjalin komunikasi dan koordinasi sekaligus bekerjasama dengan travel agent yang ada di luar negeri,” tuturnya.


Sehingga kata Iksan, kapal pesiar yang akan datang ke Sumenep siap disambut dengan baik dan sesuai dengan apa yang pernah dirinya sampaikan, akan menerapkan Sapta Pesona untuk memberikan kesenangan, kenyamanan, keindahan sekaligus kenangan yang bisa diperoleh oleh wisman.(*) 


RECENT POSTS