,

Iklan

Iklan

Kasus Dugaan Penelantaran Pasien di Gayam sampai Ke meja Dewan, Komisi IV akan panggil Dinas Kesehatan

SerikatNasional
25 Mar 2023, 08:10 WIB Last Updated 2023-03-28T00:28:22Z


SUMENEP (SERIKAT) - Beredar di Grup WAG bahwa seorang Pasien bernama Atlawan (60 ) tahun, warga Dusun Cencelan, Desa Pancor, telah dirawat 11 hari di Puskesmas Gayam diduga ditelantarkan. Duda lanjut usia itu sedang menderita sesak nafas dalam kondisi sangat memprihatinkan.

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumenep, Akis Jazuli angkat bicara soal Kasus dugaan penelantaran pasien di kepulauan.

Menurut polisi partai Nasdem itu, Pada prinsipnya masyarakat memang harus mendapatkan pelayanan yang prima dari setiap Puskesmas yang ada Kabupaten Sumenep.

"Artinya memang tidak boleh ada pasien yang terlantar, bagaimanapun harus mendapatkan pertolongan pelayanan karena kesehatan itu menyangkut nyawa seseorang," jelasnya, 24 Maret 2023.

Sehingga lanjut Akis, Puskesmas setempat itu perlu meningkatkan pelayanan yang prima.

"Bagaimanapun pelayanan terhadap pasien harus didahulukan, Utamanya dengan pelayanan yang terbaik," tegasnya.

Ia menambahkan, Dinas kesehatan untuk lakukan kordinasi agar kami lakukan evaluasi apa yang terjadi.

"Biar nanti kita berikan sebuah ruang koreksi untuk perbaikan," pungkasnya.

Sementara, Sebagaimana dalam pemberitaan sebelumnya Kepala Puskesmas Kecamatan gayam dr. Nuruddin melalui WhatsApp Group Adv.Pkp, memberi Klarifikasi. 

Dr Nuruddin dalam klarifikasinya bahwa, Pasien yang di duga ditelantarkan 11 hari dan tidak ditangani dokter sehingga mengancam keselamatannya tersebut tidak benar.

Faktanya, kondisi pasien sudah baik karena sudah di tangani dr imam, tetapi karena beliau izin jenguk ibunya sakit di kangean, maka dirinya yang ambil alih melakukan pemeriksaan kondisi pasien tersebut.

"Selasa sore saya pulang ke sumenep naik kapal, Rabu, Kamis libur sekalian istirahat mengingat kondisi lagi kurang sehat," Katanya dikutip Relasipublik.com dengan judul: Diduga Menelantarkan Pasiennya, Kepala Puskesmas Gayam Berikan Klarifikasi.

Menurutnya, masyarakat banyak yang tahu sampai selasa dirinya buka Praktek seperti yang diketahui bahwa tugas di pulau itu beda dengan tugas di daratan.

Salah satu contoh, kalau pulang ke sumenep tidak bisa langsung pulang sehingga menunggu jadwal tranportasi kapal dulu baru bisa balik.

Namun, Segala masukan dan kritikan sangat bagus sehingga para pemangku kebijakan bisa memperbaiki, terutama dirinya sebagai penanggung jawab Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) kecamatan gayam akan mengajukan penambahan dokter ke dinas kesehatan.

"Kekurangan pelayanan PKM kita perhatikan bersama, karena PKM milik kita bersama khususnya masyarakat Gayam bukan warisan bapak saya. Jadi, sudah sewajarnya masukan masukan yang baik kita tindak lanjuti bersama," ujarnya.

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya bahwa Pusat pelayanan Puskesmas Gayam, Kecamatan Sapudi, Kabupaten Sumenep diduga mengancam Keselamatan Pasien.

Pasalnya, Informasi yang didapat Media ini bahwa seorang Pasien bernama Atlawan (60) tahun, warga Dusun Cencelan, Desa Pancor, telah dirawat 11 hari di Puskesmas Gayam dalam diduga dalam kondisi sangat parah.

Diketahui, Atlawan sampai saat ini berada di Puskesmas Gayam sedang menderita sesak nafas dalam kondisi sangat memprihatinkan karena diduga tidak mendapatkan perawatan dokter.

Sebab, Selama beberapa hari ini dokter yang bertugas di puskesmas gayam dua duanya diduga tidak ada di pulau Sapudi.

Tetapi, yang ditugaskan bagian piket malam hanya tenaga honorer yang tidak punya banyak pengetahuan dan solusi ketika pasien tiba tiba butuh penanganan khusus.

Jadi, Sungguh sangat miris nasib dari duda 60 tahun tersebut karena, hingga sampai saat ini masih dalam kondisi sangat memprihatinkan.

"Tentunya, jika benar terkait persoalan itu maka sangat mengancam keselamatan Pasien. Jadi, terkesan pelayanan Puskesmas Gayam mengesampingkan slogan Bupati Sumenep, Bismillah Melayani," ungkap Sulaiman pemuda asal kepulauan kangean. Jum'at, ( 24/3/2023 ).


(Tim/Noug/Ras/red)

RECENT POSTS