,

Iklan

Iklan

Fadillah Ahmad Nur Terpilih Sebagai Delegasi Event Bawa Ide Untuk Indonesia Tingkat Nasional

@SerikatNasional
19 Feb 2023, 06:51 WIB Last Updated 2023-02-19T01:10:12Z

 


Jakarta – Fadillah Ahmad Nur lolos dan terpilih sebagai delegasi event Bawa Ide untuk Indonesia tingkat nasional yang diselenggarakan di Jakarta, pada 13-15 Februari 2023.


Adil sapaan akrabnya merupakan putera dari Ir. H. Mahmud dan Hj. Berlian, S.Pd merupakan putera Desa Kakiang, Kec. Moyo Hilir, Kab. Sumbawa.


“Saya terpilih melalui seleksi pembuatan essay tentang solusi dan masalah yang ada di daerah masing-masing dan pembuatan video pendukung. Pendaftar event ini 5000 lebih peserta, kemudian panitia menyeleksi menjadi 400 peserta dan di tahap akhir terpilihlah 100 peserta terbaik untuk mengikuti kegiatan di Jakarta,” ungkap Adil, Sabtu (18/2/2023).


Diketahui bahwa proses seleksi di mulai pada 3-21 Januari pendaftaran, 22-27 Januari proses seleksi, 28 Januari pengumuman, 1 Februari Breafing dan pengenalan kegiatan, dan 13-15 Februari kegiatan inti berlangsung.


Hari pertama kegiatan pada Senin malam, 13 Februari 2023 dari kedatangan peserta dari daerahnya masing-masing dan perkenalan diri. Hari kedua merupakan surprise dari panitia pada kegiatan talkshow bertajuk “Bincang Ide: Dengan Kekuatan Ide, Lahirkan Perubahan Nyata”. Materi disampaikan langsung oleh 3 narasumber handal yaitu Rocky Gerung, Balques Manisang, dan Billy David Nerotumelina.


Sesi talkshow sangat asyik tentang pentingnya ide, mitra, dan action. Rocky Gerung menyampaikan, “ide adalah tanggungjawab anda sendiri yang artinya harus anda tepati. Hanya orang dungu yang tak mampu menepati janji,” ungkapnya.


Bahkan Rocky menekankan bahwa segala sesuatu itu dimulai dari ide, ide dan ide.


Di kesempatan yang sama Billy juga menyampaikan bahwa pergerakan yang dimulai dari ide itu membuahkan manfaat. “Small But Powerfull” kecil tapi kuat dan bermanfaat. Tak kalah penting ide akan berkembang jika memiliki mitra yang luas. Sementara Bilques banyak menyampaikan tentang suara dan peran sosok wanita untuk Indonesia.


Setelah sesi talkshow berakhir, rangkaian acara selanjutnya yaitu visit Kampung Akuarium dengan perjalan panjang perjuangan mendapatkan hak mereka ditanah Jakarta dan sebagai rakyat Jakarta, dilanjutkan dengan pesona pembangunan Jakarta International Studium yang mengagumkan, dan perjalanan pulang menggunakan MRT menuju hotel Grand Whiz.


Hari ke tiga dari pagi pukul 08.00 hingga 17.00 peserta fokus pembuatan dan penulisan ide yang telah disusun dengan komponen masalah, kekuatan, kelemahan, proses, input, outcame, dan impact.


Di hari yang sama pada malam hari merupakan acara special bagi seluruh peserta, karena tamu yang ditunggu yaitu Sharing Season bersama pak Anies Baswedan.


Pada pidatonya Anies mengatakan, “ada jutaan anak dan pemuda di Indonesia. Anda tak hanya memikirkan masa depan pribadi, tapi anda hadir disini juga memikirkan masa depan daerah anda,” jelasnya.


Gelora semangat pidato anies membuat 100 pemuda terpilih bukan sekedar menjadi agent of change, tapi agent of producer yang membawa ide dan gagan menuju perubahan dan peradaban.


Adil berharap kegiatan serupa bisa diselenggarakan di NTB, tentunya dengan dukungan dari pemerintah provinsi ataupun kabupaten untuk memajukan daerah melibatkan pemuda. (Hamran) 

RECENT POSTS