,

Iklan

Iklan

Didorong Oleh Masyarakat Eks Aktivis Ini Maju Calon Kepala Desa

@SerikatNasional
26 Feb 2023, 15:42 WIB Last Updated 2023-02-27T02:12:54Z
Foto: Januarius Darwin Tosing, S.Pd (Ist) 

Borong - Dunia politik  saat ini, tampaknya membutuhkan keterlibatan berbagai kalangan. Menariknya, politik masa kini juga cenderung digeluti para generasi muda, seperti ke arena politik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Sebuah hal yang menarik lantaran sebelumnya, jabatan Kepala Desa dianggap sebagai jatah untuk tokoh-tokoh kalangan tua.


Pada kontestasi Pilkades serentak yang akan digelar pada bulan Mei 2023 mendatang, ada generasi muda yang ikut berpartisipasi. 


Salah satunya adalah Yanuarius Darwin Tosong, S.Pd, yang bertekad maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Bangka Arus, Kecamatan Lamba Leda Timur, Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.


Yanuarius Darwin Tosing yang diketahui mantan aktivis ini, mengaku bahwa, dalam era demokrasi seperti sekarang ini, politik adalah kekuatan utama dalam penentuan kebijakan. Berbagai macam jabatan kekuasaan pun didapat melalui proses politik.


Dia mengutarakan bahwa, jika kaum muda bersikap apatis terhadap politik, kemudian enggan terjun langsung dalam dunia politik, maka dipastikan tidak akan ada perubahan yang berarti. 


Lebih jauh, kata Januarius, berpolitik bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab kalangan tua saja. Akan tetapi, anak muda juga harus terlibat untuk menyuarakan aspirasinya agar didengar dan bahkan diwujudkan. Dengan berbagai macam ide yang fresh, tentu saja peran kaum muda saat ini menurutnya akan mengambil peran yang sangat penting.


Dalam berpolitik ia pun mengaku anti money politics, dalam bentuk apapun. Artinya ia tidak akan mengeluarkan uang atau barang untuk memikat hati warga dengan harapan memilihnya.


Berikut kutipan visi misi Calon Kepala Desa Bangka Arus, Yanuarius Darwin Tosong, S.Pd,  periode 2023-2029.


Visi: 


Menciptakan Tata Kelola Pemerintahan yang Transparan, Jujur dan Bertanggung Jawab demi mewujudkan masyarakat Desa Bangka Arus yang Transparan, Adil dan Mandiri.


Misi:


1. Melakukan reformasi sistem kinerja aparatur pemerintahan desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.


2. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbuka, transparan dan bertanggung jawab.


3. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pembentukan kelompok UMKM yang produktif, BUMDes, dan pembenahan Kelompok Tani.


4. Membangun pola kehidupan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang sehat melalui peningkatan kualitas kegiatan Posyandu balita, Posyandu lansia, kebersihan lingkungan dan pembangunan rumah layak huni berdasarkan skala prioritas.


5. Mengorganisir kaum muda Desa Bangka Arus dan meningkatkan perannya sebagai kader pembangunan dan kader pemimpin masa depan.


6. Membangun relasi lintas sektoral, baik dengan lembaga pendidikan formal pada lingkup internal dan eksternal guna menunjang mutu pendidikan generasi Desa Bangka Arus untuk menjadi individu yang berkeTuhanan, bermoral, berpengetahuan luas, dan mandiri.


7. Pembangunan, perbaikan, dan pemeliharaan infrastruktur dalam Desa Bangka Arus berdasarkan skala prioritas kebutuhan masyarakat.


8. Pengembangan desa ramah internet dan desa digital, melalui fasilitas jaringan internet gratis dan website desa. (Ir) 

RECENT POSTS