,

Iklan

Iklan

DPC PDIP Kota Tangerang Dan Sayap Partai REPDEM serta BMI Tanam 400 Pohon Hari Ini Di Bantaran Aliran Sungai Cisadane

@SerikatNasional
28 Jan 2023, 14:59 WIB Last Updated 2023-01-28T07:59:21Z

 


Tangerang - Pencegahan pencemaran lingkungan harus terus diupayakan agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan makhluk hidup di bumi. Jika tidak ada upaya pencegahan pencemaran lingkungan, akan terjadi kerusakan terhadap alam dan bisa mengancam makhluk hidup demikian yang disampaikan oleh Ketua DPC BMI Kota Tangerang  Veri Montana dalam menanggapi Instruksi DPP PDIP soal kegiatan dan Pelaksanaan "Gerakan Penghijauan dan Bersih Bersih Daerah Aliran Sungai " yang dilaksanakan hari ini Sabtu 28 /1/2023 di Kelurahan Mekar Sari Rw 05/Rt 01 s/d Rt 05 Kecamatan Neglasari Kota Tangerang bersama DPC PDI Perjuangan beserta Pengurus Ranting dan PAC Kecamatan Neglasari serta Sayap Partai lainya yakni REPDEM. 


Dalam kata sambutan Ketua DPC PDIP Kota Tangerang Gatot Wibowo S,Ip mengatakan bahwa dari 400 pohon yang ditanam, ini merupakan bukti bahwa PDIP Bukan hanya menangani persoalan politik, akan tetapi juga perduli akan kelestarian lingkungan hidup dan kelestarian alam. Makanya pada hari ini ia menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup, terutama penghijauan disektar daerah aliran sungai Cisadane ini. 


"Ibu Megawati selalu berpesan merawat alam dan lingkungan dengan sendirinya juga akan bermakna merawat kehidupan,” tutur Ketua DPC PDIP Kota Tangerang yang juga Ketua DPRD Kota TANGERANG alumni GMNI ini.


Ditempat yang sama Veri Montana Mengatakan  Secara umum, pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan juga komponen lain ke dalam lingkungan hidup atau proses alam. Hal ini yang kemudian membuat kualitasnya turun dan menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya.


Maka untuk Pencegahan pencemaran lingkungan perlu diketahui setiap orang. Sebab, menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama bersama. 


Ia menambahkan sebelum mengetahui beberapa upaya pencegahan pencemaran lingkungan, terlebih dahulu memahami jenis-jenis lingkungan. 


Yang Pertama adalah Pencemaran Udara


Pencemaran lingkungan di udara merupakan kondisi berkurangnya kualitas udara yang disebabkan adanya gas berbahaya atau sering disebut polusi udara. Polusi udara menjadi salah satu masalah lingkungan yang sampai saat ini masih terjadi. Polusi udara dapat terjadi akibat ulah manusia atau secara alami.


Polusi di lingkungan tidak hanya berpengaruh pada manusia, tetapi juga dapat merusak keindahan dan keanekaragaman hayati. Maka dari itu, setiap individu memiliki tanggung jawab untuk berupaya terus melestarikan udara agar tetap bersih dan sehat.


Yang Kedua Pencemaran Air menurutnya


Adalah Jenis-jenis pencemaran lingkungan selanjutnya, yaitu pencemaran air. Pencemaran ini terjadi karena adanya zat-zat polutan yang masuk ke dalam sumber air, seperti kotoran, insektisida, pupuk, dan sampah. Air yang tercemar akan keruh, berbau, dan berwarna, sehingga tidak layak untuk dikonsumsi.


Pencemaran tanah terjadi karena adanya zat-zat polutan yang masuk ke dalam tanah. Hal ini yang kemudian membuat kualitas tanah menurun. Adapun zat-zat polutan tersebut bisa berasal dari tumpahan minyak, kebocoran limbah, dan pestisida.


Maka untuk mencegah hal itu, Kami Banteng Muda Indonesia /BMI Kota Tangerang beserta  beserta REPDEM juga seluruh jajaran struktural baik DPC maupun PAC Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, hari ini mendukung pelaksanaan dalam upaya pencegahan pencemaran lingkungan yang bisa dilakukan, yaitu menanam pohon dan Bersih bersih Daerah Aliran Sungai CISADANE, karena menanam pohon berperan penting untuk menjadikan lingkungan dan udara menjadi bersih pungkas Veri. 


Lebih dalam Veri Montana menegaskan, karena tumbuhan dapat memproduksi oksigen sehingga udara menjadi bersih dan terhindar dari polusi. 


Maka dari itu, penanaman pohon harus dilakukan sejak dini,  Dengan begitu, udara akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari polusi.


Ketiga menurutnya adalah Hindari Penggunaan Plastik


Mengurangi penggunaan plastik bisa menjadi salah satu upaya pencegahan pencemaran lingkungan yang bisa dilakukan. Karena Penggunaan produk plastik, seperti kantong plastik, sangat berbahaya bagi lingkungan karena membutuhkan waktu lama untuk terurai.


Plastik sulit terurai karena bahannya terbuat dari minyak. Sebagai gantinya, bisa menggunakan kantong kertas yang merupakan alternatif yang lebih baik karena mudah terurai dan dapat didaur ulang.


Yang terakhir Tidak Buang Sampah di Sungai


Sungai yang kotor bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti penumpukan sampah dari limbah rumah tangga, limbah pabrik, dan pertanian. Jika kondisi ini tidak segera dibersihkan, akan menyebabkan lingkungan menjadi tidak sehat.


Selain tidak sedap dipandang, sungai yang kotor juga bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti gatal-gatal dan diare. Untuk itu, menjaga kebersihan sungai sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk lainnya pungkasnya


Sebagai kata akhir Veri berharap dengan adanya edukasi pentingnya menjaga lingkungan, manusia tidak hanya mengimbangi hak dengan kewajibannya terhadap lingkungan, tetapi juga membatasi tingkah laku dan upaya untuk mengendalikan berbagai kegiatan agar tetap berada dalam batas kepentingan lingkungan.


"Setiap orang yang menerapkan sikap peduli terhadap lingkungan, akan menikmati secara terus menerus tanpa merusak alam sekitar. Selain itu, seseorang yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan juga turut menjaga dan melestarikan lingkungan. Dengan begitu, hal tersebut akan membawa manfaat yang berkelanjutan dan ini adalah aksi nyata bahwa PDI PERJUANGAN Kususnya Banteng Muda Indonesia / BMI sangat peduli akan kelestarian serta kebersihan lingkungan," pungkasnya. 


(Tim/Red)

RECENT POSTS