,

Iklan

Iklan

Dosen STKIP Citra Bakti Gelar Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Online X-Recorder di SMP Citra Bakti Ngada

@SerikatNasional
29 Jan 2023, 14:33 WIB Last Updated 2023-01-29T07:34:55Z


NGADA - Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema” pendampingan  pemanfaatan aplikasi x-recorder dalam pembuatan video pembelajaran kewarganegaraan di SMP Citra Bakti Kabupaten Ngada, berlokasi di ruang kelas Sekolah Menengah Pertama Citra Bakti bersama guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, ibu Serlinda Gego, S.Pd. 


Dalam kegiatan pengabdian ini guru mata pelajaran kewarganegaraan di damping dosen mata kuliah pendidikan kewarganegaraan untuk membuat media pembelajaran berupa video menggunakan aplikasi X-Recorder. 


Hal ini dilakukan karena mempertimbangkan ketersediaan sara prasarana dan juga kemampuan guru di lapangan. Aplikasi X-Recorder adalah aplikasi yang dapat diunduh di play store android. Aplikasi ini biasa digunakan untuk menangkap aktivitas tangkapan layar. Vidio yang dihasilkan cukup bagus untuk diunggah kea kun youtube, selain untuk mereka gambar visual, aplikasi ini mampu merekam tangkapan slide yang berfungsi untuk menjelaskan berbagai materi diserta gambar visual. 


Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah dengan metode menjelaskan cara penggunaan atau tutorial kepada guru mata pelajaran  Kewarganegaraan SMP Citra Bakti tentang apliksi video pembelajaran x-recorder. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang pemanfataan aplikasi video pembelajaran X-recorder untuk media pembelajaran daring dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, follow up, simulasi dan evaluasi. 


Adapun yang menjadi tujuan kegiatan pengabdian ini adalah; Melatih guru untuk melek IT di era digitalisasi, Menjadikan pembelajaran daring sebagai basis kegiatan belajar mengajar di masa pandemi covid-19, Menjadikan aplikasi X-Recorder sebagai media pelatihan bagi guru mata pelajaran PKn dalam pembelajaran via daring, Menciptakan kreasi dan inovasi pada pembelajaran  berbasis online di masa pandemi, Melatih para siswa SMP Citra Bakti untuk mengenal media pembelajaran daring dalam bentuk video pembelajaran. 


Tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dua unsur dosen yang berasal dari homebase prodi pendidikan IPA dengan spesifikasi ketua pengabdian sebagai Dosen Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraa yaitu Prisko Yanuarius Djawaria Pare, SH.,MH., dan anggota pengabdian sebagai ahli desain pembelajaran berbasis aplikasi yaitu Fransiskus Xaverius Dolo, M.Pd melakukan analisis kebutuhan dan analisis permasalahan yang dihadapi guru mata pelajaran kewarganegaraan di SMP Citra Bakti dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis IT di masa pandemi covid-19. 



"Setelah melakukan analisis permasalahan, ditemukan bahwa guru matapelajaran belum maksimal dalam menggunakan aplikasi video pembelajaran. Oleh karena ini melalui kegiatan pengabdian ini, kami melakukan pendampingan pemanfaatan aplikasi X-Recorder dalam hal penggunaanya selama masa pandemic covid-19 untuk memudahkan akses pembelajaran online yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dan para peserta didik," ungkap ketua pengabdian. 


Dalam kegiatan pelaksanaan pendampingan ini, tim pengabdian melakukan penjelasan kepada guru matapelajaran kewarganegaraan terkait langkah-langkah pengoperasian, fitur-fitur yang ada dalam aplikasi X-Recorder, serta kelebihan dan kelemahan penggunaan aplikasi video pembelajaran tersebut. 


"Setelah itu guru mata pelajaran melakukan praktik langsung atau simulasi dengan memasukan materi-materi pembelajaran melalui android kemudian di transfer ke aplikasi x-recorder untuk digunakan sebagai media penjelasan materi belajar siswa. Hasilnya sangat baik, dimana aplikasi ini akan terus di gunakan oleh guru yang bersangkutan, serta siswa dapat dengan mudah mengakses materi yang sudah dijelaskan oleh guru. 


Setelah guru mata pelajaran melakukan praktik uji coba membuat video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi X-Recorder, guru melakukan pemaparan video yang telah dibuat pada tahap simulasi. Peserta pengabdian melakukan pemaparan dilanjutkan dengan diskusi mengenai video yang telah dibuat," jelas Dosen Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan itu. (Tim/Red) 


RECENT POSTS