,

Iklan

Iklan

Mahasiswa KKN FKIP UNIKA Medan Gelar Perlombaan Dalam Peringatan HUT PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional

@SerikatNasional
28 Nov 2022, 11:39 WIB Last Updated 2022-11-28T14:13:03Z

 


MEDAN - Peringatan HUT PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional merupakan salah satu cara kita dalam mengenang jasa para pahlawan kita khususnya bidang pendidikan dalam rangka mewujudkan cita- cita bangsa yang tertuang dalam Undang Undang Dasar 1945.


Setiap tanggal 25 November  kita akan memperingati hari guru. Apakah anda semua tahu apa makna hari guru tersebut? Berdasarkan referensi, lahirnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) pada tanggal 25 November 1945, setelah 100 hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang merupakan cikal-bakal organisasi PGRI, dimana organisasi ini diisi oleh para Guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan pemilik sekolah. 


Diperingatinya tanggal ini sebagai Hari Guru Nasional adalah berdasarkan Kepres (Keputusan Presiden) Nomor 78 Tahun 1994 hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada guru seiring dengan perkembangan zaman, pelaksanaan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional tidak hanya diselenggarakan sebatas upacara bendera saja, namun bisa dilakukan dengan memberikan ucapan- ucapan terimakasih kepada para pendidik dan melakukan kegiatan- kegiatan yang positif.


Dalam rangka HUT PGRI Ke 77 dan Hari Guru Nasional pada Jumat, 25 November 2022 Mahasiswa KKN FKIP UNIKA Medan mengadakan upacara bendera dan penyematan bunga serta berbagai perlombaan bagi peserta didik di Kelurahan Sinaksak.


Kegiatan ini laksanakan sepenuhnya oleh Mahasiswa KKN FKIP UNIKA Medan dengan bertujuan mengabdikan serta membaktikan serta mempererat silaturrahmi dan kerjasama dengan masyarakat Kelurahan Sinaksak dan juga guru-guru yang berada di Kelurahan Sinaksak. 


Kegiatan ini dapat terselenggara dengan bantuan beberapa pihak baik dalam menentukan perlombaan yang diadakan maupun pendanaannya. Adapun kegiatan perlombaan yang di ikuti oleh Peserta Didik diantaranya: Lomba Mewarnai, Lomba Menyanyi Hymne Guru dan Lomba Fashion Show Nuansa Guru.


Kegiatan ini dibuka pendaftaran kepada seluruh Sekolah Dasar yang berada di Kelurahan Sinaksak dan pendaftaran gratis. Perlombaan Mewarnai di ikuti oleh Peserta Didik sebanyak 56 Orang, perlombaan Menyanyi sebanyak 17 Orang dan perlombaan Fashio Show sebanyak 18 Orang. Adapun juaranya yakni: Aura sebagai juara 1 Mewarnai, Mahira sebagai juara 2 Mewarnai dan Jheky sebagai juara 3 Mewarnai. Yohana sebagai juara 1 Menyanyi, Selvia sebagai juara 2 Menyanyi, Dio sebagai juara 3 Menyanyi dan Hosanna sebagai juara 1 umum Menyanyi. Naundi sebagai juara 1 Fahion Show, Yoel sebagai juara 2 Fashion Show dan Chelsea sebagai juara 3 Fashion Show.


Saguruh Melky Simaremare selaku ketua Panitia perlombaan mengucapkan banyak terimakasih kepada Lurah, Korwil dan Kepala Sekolah serta para Pendidik yang berada di Kelurahan Sinaksak yang telah memberikan izin dan mendukung penuh perlombaan yang telah dilaksanakan. Diadakannya perlombaan ini agar hari guru mempunyai makna sebagai bentuk penghormatan kepada guru  atas jasa-jasa yang telah dilakukannya selama ia mengajar.


Reno Francius Simanullang selaku Ketua Kelompok KKN menyampaikan bahwa perlombaan ini banyak melibatkan tokoh serta seseorang yang berdampak di Siantar Simalungun dan juga memiliki banyak penyokong dan ia mengucapkan terimakasih kepada Ahmad Fauzi,SM selaku Founder Anak Muda Bergerak sekaligus Pemuda Pelopor Bidang Sosial Siantar Simalungun, Afrizal Syahputra Lubis,A.Md selaku Owner Leader Café, Rio Nasution selaku Owner ZA Café, Suryanti,S.Pd selaku Ketua Wanita Islam Simalungun dan Rizki selaku Owner Percetakan REYC. 


"Semoga Tuhan membalas kebaikan yang diberikan kepada kami dan dimudahi rezeki serta sehat selalu, ucap Reno.


Sementara itu, Jhonwalker Purba,S.Pd selaku Kepala Sekolah SDN 061907 Kelurahan Sinaksak mengucapkan terimakasih atas penyelenggaraan perlombaan ini dan tetap sukses kedepannya bagi Mahasiswa KKN UNIKA MEDAN.


”Semoga dari perlombaan  ini peserta didik menjadi semakin semangat dalam mengikuti perlombaan dan selamat kepada peserta loma yang menang, tetap semangat maju terus dan jangan lelah untuk meraih cita-cita,” ucap Suryanti.


Afrizal Syahputra Lubis, A.Md selaku Owner Leader Café menyampaikan semoga dengan memperingat hari PGRI dan HGN ini kita mampu mengingat terus perjuangan para pahlawan dalam rangka mewujudkan cita- cita bangsa. 


"Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-77 dan Mahasiswa KKN UNIKA Medan semakin maju dan sangat luar biasa dalam mempersiapkan perlombaan hari guru ini maka tetap semangat adik-adik KKN UNIKA MEDAN tetap lakukan yang terbaik dan selalulah berbuat baik," ungkapnya. (Tim/Red)

RECENT POSTS