,

Iklan

Iklan

Sambut HUT RI ke-77, SMA Negeri 5 Elar Pentas Tarian Caci

@SerikatNasional
13 Agu 2022, 16:43 WIB Last Updated 2022-08-13T16:31:23Z
Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Elar Gaspar Ajang, S.Pd saat membuka kegiatan pentas Tarian Caci (Photo: Fansisius Gunawan/MSN)


BORONG - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 SMA Negeri 5 Elar menggelar kegiatan pentas Tarian Caci  pada Sabtu, 13 Agustus 2022.


Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan SMA Negeri 5 Elar yang dihadiri oleh tokoh adat, perwakilan orang tua murid, guru-guru dan seluruh siswa-siswi SMA Negeri 5 Elar.


Kepala sekolah SMA Negeri 5 Elar Gaspar Ajang, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan untuk memeriahkan HUT RI Ke-77 dan menjadi program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diminta untuk melaksanakan kegiatan pementasan budaya dan alat tradisionalnya di sekolah masing-masing.



"Kegiatan ini untuk meningkatkan  minat siswa dalam melestarikan budaya, karena di daerah kita budaya ini hampir hilang. Mungkin kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk mendalami bahwa budaya itu seperti apa sebenarnya," ungkapnya.


Lebih lanjut kepsek SMA Negeri 5 Elar sampaikan bahwa kegiatan hari ini belum sepenuhnya sesuai dengan tatanan budaya karena persiapannya belum maksimal. Dia berharap siswa bisa menunjukkan ketangkasan bahwa mereka adalah pria sejati, sebagai pejuang, sebagai tokoh untuk harapan bangsa dan negara. 



Lewat kegiatan ini siswa bisa mengetahui bahwa siapa dirinya sebenarnya dan harapan kedepannya kegiatan ini lebih ditingkatkan.


Kontan Bombang selaku perwakilan orang tua murid sangat mendukung dengan adanya kegiatan pentas Tarian Caci di sekolah. 



"Saya atas nama pribadi meskipun kegiatan pentas Tarian Caci hari ini sederhana dan belum lengkap. Kami sebagai orang tua murid sangat mendukung," ungkapnya.


Sementara itu David Kamis selaku tokoh adat saat dimintai tanggapannya terkait pementasan Tarian Caci di sekolah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk generasi dalam melestarikan budaya.


"Kegiatan hari ini hanya sementara dan belum diresmikan oleh tokoh adat setempat. Karena kegiatan ini hanya untuk memenuhi permintaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur," ungkapnya.



Salah satu perwakilan dari siswa-siswi SMA Negeri 5 Elar Walburga Dian Omega mengapresiasi pihak sekolah yang sudah menggelar kegiatan pentas Tarian Caci hari ini.


"Kami mengapresiasi dan sangat mendukung dengan adanya kegiatan pentas Tarian Caci ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai generasi penerus bangsa," ungkapnya. 


RECENT POSTS