,

Iklan

Iklan

Proses Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama Pemrov Kaltim, GMNI Dorong Dilakukan Secara Transparan dan Melibatkan Masyarakat

SerikatNasional
31 Agu 2022, 22:39 WIB Last Updated 2022-09-01T14:45:04Z

 


KALTIM - Proses seleksi terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun 2022, menuai respon dari Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kalimantan Timur (DPD GMNI Kaltim). 


Menurut Ketua GMNI Kaltim Andi Muhammad Akbar proses seleksi terbuka ini jangan sampai berbasis pada politik balas budi yang biasanya cenderung nepotis. 


"Jangan sampai proses seleksi terbuka hanya formalitas, tapi orang yang akan mengisi jabatan tersebut sudah ada dari awal," ucapnya. 


Jikalau hal ini terjadi tentu akan berdampak pada kinerja nantinya. Orang yang ditempatkan tidak sesuai dengan keahlian yang ada dan tidak mengetahui tupoksi kerja  yang ada. 


"Dampak penempatan yang tidak sesuai kompetensi bidang yang dibutuhkan akhirnya banyak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berjalan tidak secara maksimal, bahkan mengalami stagnan," ucap Akbar sapaan akrabnya. 


Dirinya menyebut bahwa proses pengisian JPT Pratama mesti dibuat secara transparan dan dapat diakses oleh masyarakat secara langsung. 


Tiap tahapan mesti dilaporkan dan dipublikasikan secara terbuka untuk masyarakat. Selain itu untuk beberapa tahapan mesti disiarkan secara langsung yang dapat dilihat langsung masyarakat.


"Hal ini agar masyarakat juga dapat menilai orang yang akan menduduki jabatan strategis nantinya," katanya. 


Menurut Akbar hal ini merupakan momen penting untuk dapat mengembalikan kepercayaan publik yang selama ini cenderung merasa kecewa dengan kinerja para organisasi perangkat daerah. 


Akbar berharap seleksi ini juga menghasilkan yang progresif, profesional dan kompten yang ketika terpilih nanti mampu memberikan pelayanan publik yang baik dan program yang bermuara pada kesejahteraan rakyat. 


Sebagai informasi jadwal tahapan seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltim tahun 2022.

 

Pengumuman, 23 Agustus 2022


Penerimaan berkas pendaftaran/lamaran24 – 30 Agustus 2022


Perpanjangan Pendaftaran (Opsional jika pendaftar < 3 orang) 31 Agustus – 2 September 2022


Seleksi Administrasi, 5 – 6 September 2022


Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi. 


Penulisan Makalah, 8 – 9 September 2022.


Seleksi Kompetensi (Assessment), 12 – 16 September 2022


Presentasi Makalah dan Wawancara, 21 – 23 September 2022


dan Pengumuman Hasil Seleksi, 29 September 2022.


Adapun JPT Pratama yang akan di seleksi yakni, Kelompok Eksakta, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Direktur RSJD Atma Husada, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah dan Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah.


Sedangkan untuk Kelompok Noneksakta yakni Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Daerah, Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah. (RED)

RECENT POSTS