,

Iklan

Iklan

Implementasi Kemerdekaan Dalam Diri Seorang Pelajar

@SerikatNasional
17 Agu 2022, 21:38 WIB Last Updated 2022-08-17T14:38:44Z

 


OPINI - Kemerdekaan merupakan buah perjuangan dari pahlawan para penjasa. Kemerdekaan memiliki arti yang sangat mendalam bagi semua penghuni bumi pertiwi ini. Ketika kita mendengar kata ”Kemerdekaan” itu identik dengan perjuangan, perjuangan yang penuh dengan pengorbanan para pejuang bangsa, khususnya bangsa kita Indonesia tercinta ini.


Pada moment yang bersejarah ini, yaitu Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 ini, semua anak bangsa wajib untuk menjaga dan menghormatinya dalam diri seorang pelajar khususnya, mereka harus bisa mempraktikan dan bisa mencontohkan dengan teman-teman seperjuangannya.  


Lalu, jika kita sebagai seorang pelajar apa yang bisa kita lakukan untuk sebuah kemerdekaan itu yang sesungguhnya. Kadang kita sebagai pelajar sering menganggap merayakan hari kemerdekaan hanyalah perayaan seremonial yang diturunkan dari para Pahlawan. 


Dan kadang kita juga tidak menghormati sang-saka merah putih  tidak dengan hikmat. 


Jika dahulu para pahlawan kita mengusir para penjajah dari bumi pertiwi ini dengan menggunakan alat-alat sederhana yang seadanya, seperti bambu runcing, bagaimana dengan seorang pelajar mempertahankan kemerdekaan ini?


Ada beberapa point yang penulis ingin angkat disini adalah, menanamkan sikap disiplin dan cinta tanah air berorientasi ke masa depan, mematuhi aturan dan tata tertib sekolah, dan mengikuti kegiatan ekstrkurikuler dan lain sebagainya.


Pelajar memiliki peran penting dalam mencapai pembangunan nasional. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus mampu menciptakan serta mengembangkan generasi ungggul, mengikuti bagaimana profil Pancasila yang sesungguhnya. 


Hal itupula didukung dengan sistem dunia pendidikan berbasis 5,0 dengan kurikulum “Merdeka Belajar” dimana sebagai seorang siswa wajib menanamkan profil Pancasila pada diri mereka. Menjadi pelajar yang unggul dan berdaya saing adalah salah satu cara kita untuk tetap mempertahankan kemerdekaan dibumi pertiwi yang kita pijak ini. 


Di era globalisasi ini kita harus mampu berdaya saing diberbagai bidang agar kita tidak dijajah oleh para pengusaha-pengusaha asing di negeri kita tercinta ini.


Jadilah diri kita menjadi seorang pelajar yang selalu bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan. Hal lain juga, sebagai pelajar wajib mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih dengan sungguh-sungguh. Sebagai putra putri harapan bangsa kita harus menanamkan sikap semangat kepahlawanan, toleransi yang tinggi dalam diri kita. Jangan mudah terpancing dengan hal-hal negatif, dan selalu mengambil hal-hal berbau positif yang berorientasi akan masa depan yang cerah.


Penulis: Verawati Priflana (Siswa Kelas XI Bahasa SMAK Ignatius Loyola Labuan Bajo)

RECENT POSTS