,

Iklan

Iklan

Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Makassar Gelar Seminar Kepemiluan

@SerikatNasional
31 Jul 2022, 11:40 WIB Last Updated 2022-07-31T04:40:53Z




MAKASSAR  - Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Makassar menggelar Seminar  Kepemiluan Bertema “Peran Pemuda Dalam Menyongsong Pesta Demokrasi Tahun 2024” di Aula Keuskupan Agung Makassar, Kamis (28/7/2022).


Kegiatan yang dihadiri narasumber  diantaranya Endang Sari Komisioner KPU  Kota Makassar, Abd.Hafid S.Sos.,M.Si  (Kordinator Divisi  Penyelesaian  Sengketa) Bawaslu Kota Makassar, Pastor Albert Arina Pr. Ketua Komisi KERAWAM - HAK Keuskupan Agung Makassar dan Stefanus Asat Gusma Ketua Umum PP Pemuda Katolik.


Turut hadir dalam kegiatan ini anggota Dewan Kota Makassar bang Wiliam Laurin SE.,MM dan bang Hilar Limbong Allo selaku senior/ dewan penasehat awam Pemuda Katolik.


Endang Sari  menyampaikan hal yang menjadi bagian dari peran pemuda dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang antara lain sebagai bagian dari penyelenggara pemilu baik di tingkat Kota, kecamatan maupun tingkat kelurahan.


"Tugas pemuda yang sangat penting adalah mengkampanyekan “Tolak politik uang” tidak menyebarkan hoax dan isu sara, agar pemilu yang berintegritas boleh berjalan sebagai mana cita-cita demokrasi yang bermartabat, humanis dan partisipatif dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 mendatang," ungkapnya.


Dia berharap adanya upaya pemuda yang mendominasi sebagai pemilih potensial penentu masa depan bangsa dengan menjadi pemilih aktif menggunakan hak pilihnya.


"Menjadi pemilih cerdas dan kritis serta mempunyai administrasi kependudukan/KTP  sebagai tiketnya," tegasnya.


Hal yang sama juga disampaikan Abd.Hafid   S.Sos.,M.Si selaku Kordinator Divisi  Penyelesaian Sengketa di Bawaslu Kota Makassar bahwa peran aktif pemuda akan sangat membantu kesuksesan penyelenggaran pemilu 2024 mendatang, bagaimana agar pemuda terlibat aktif dalam mengawasi jalannya pemilu sehingga meminimalisir adanya dugaan sengketa pemilu itu sendiri.


Tidak jauh berbeda juga disampaikan oleh Stefanus  Asat Gusma Ketum Umum PP Pemuda Katolik Periode 2021- 2024 kepada para anggota Pemuda  Katolik Komcab Makassar agar terlibat langsung bahkan Pemuda Katolik harus memanfaatkan  ruang yang ada untuk menyalurkan kader-kader di semua tingkatan dari pusat hingga ke tingkat Komcab.


"Saya mengingatkan agar ada klasterisasi kader dan menyiapkan sumber daya/potensi kader Pemuda Katolik agar penyaluran kader-kader yang ditargetkan bisa di  realisasikan," ungkap Gusma sapaan akrapnya.


Pastor Albert Arina, Pr  menyampaikan  terima kasih kepada KPU dan Bawaslu atas informasi-informasi penting yang telah dibagikan kepada kaum awan umat Katolik melalui sosialisasi pendidikan pemilih.


Semangat yang menggelora dalam selogan Pro Ecclesia Et Patria (untuk gereja &  tanah air Indonesia) adalah ajang pembuktian umat Katolik bersama KPU dan Bawaslu untuk  sukseskan pesta demokrasi tahun 2024 serta dengan harapan mampu melahirkan pemimpin yang bertanggung jawab.


"Persoalan money politik, isu sara, dan partisipasi masyarakat adalah tantangan bagi kita  semua, maka perlu adanya partisipasi. Politik melalui Edukasi, pendidikan politik bersama penyelenggara pemilu sehingga menghasilkan pemilih  integritas dan pemilu berdaulat," ungkapnya.


Seminar kepemiluan di pandu oleh moderator Yoris Ratu Subah selaku Ketua Departemen OKK (Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan) Pemuda Katolik Komcab Kota Makassar Periode 2021 -2024.


Adapun peserta seminar kepemiluan yakni dari OKP - OKP Keagamaan, Ormas - Ormas Katolik , OMK, dan Peserta Masa- Penerimaan Anggota (MAPENTA) tahun 2022 serta  internal anggota Pemuda Katolik Komcab Kota Makassar.

RECENT POSTS