,

Iklan

Iklan

Lestarikan Tradisi Belu, Hipmala Kupang Tampilkan Sanggar Budaya Belu di Kupang

@SerikatNasional
7 Mei 2022, 13:14 WIB Last Updated 2022-05-07T06:14:03Z

 


KUPANG -  Himpunan Mahasiswa Lasiolat (Hipmala) - Kupang merupakan wadah perkumpulan Mahasiswa Lasiolat  yang berada di kota Kupang dari berbagai universitas di Kupang, dan  tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa dari kecamatan lain, bahkan dari luar kabupaten Belu untuk bergabung di himpunan mahasiswa Lasiolat, Hipmala Kupang.


Himpunan Mahasiswa Lasiolat, (Hipmala) -  Kupang berdiri dan rintis pada tanggal 14 Februari 2019 dan hingga kini menjadi organisasi Rayon tingkat kecamatan di kabupaten Belu.


Himpunan mahasiswa lasiolat (Hipmala) Kupang  bukan hanya berperan aktif  kegiatan kemahasiswaan dalam hal pembinaan karakter seseorang tetapi Himpunan Mahasiswa Lasiolat juga turut berperan aktif untuk melestarikan tradisi Orang Belu, seperti yang dilakukan pada hari ikut melestarikan Tarian Tebe yang menjadi ciri khas orang Belu.


Ketua umum Hipmala periode 2022/2023 Valentina Bete Rouk, mengungkapkan Tarian Tebe yang dilakukan pada hari ini  guna untuk melestarikan tradisi orang Belu, pada umumnya bagi mahasiswa untuk melestarikan tradisi kita.


"Kita diorganisasi bukan hanya belajar untuk melatih karakter seseorang untuk menjadi pemimpin tetapi juga kita sebagai penerus perlu adanya untuk melestarikan dan menjunjung tinggi tradisi yang ada," kata Valentina Bete Rouk.


Lanjut Valentina Bete Rouk,  saat ini kita menampilkan tradisi Tebe Kemak, dan berbusana pakaian adat suku Kemak.


"Tebe yang ditampilkan tadi untuk melestarikan dan membangun relasi di  organisasi Hipmala guna tetap mengeksiskan tradisi Tebe terutama sebagai mahasiswa  cinta akan kebudayaan Belu," tutup Valentina Bete Rouk. (Red)

RECENT POSTS