,

Iklan

Iklan

Konstruksi Tiang dan Cassing Lampu Mutu Biasa, Anggaran Pekerjaan PJU Desa Tebel Bareng Tahun 2022 Disoal

SerikatNasional
2 Apr 2022, 09:26 WIB Last Updated 2022-04-03T01:19:19Z


JOMBANG - Paket kegiatan untuk pekerjaan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada diruas Dusun Mojolegi Desa Tebel Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang Jawa Timur, nilai anggaran yang dialokasikan untuk pekerjaan itu jadi pertanyaan bagi masyarakat maupun publik.


Pasalnya, diketahui pada lokasi, bahwa disebutkan dalam prasasti maupun papan kegiatan proyek, untuk nilai anggaran sebesar Rp.34.795.000 (tiga puluh empat juta tujuh ratus sembilan puluh lima ribu rupiah) dengan volume PJU sebanyak 15 unit, serta dikerjakan oleh TPK Desa, bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2022.


Hal tersebut, juga diungkapkan oleh narasumber saat ditemui tidak jauh dari titik pekerjaan, hanya saja dirinya berpesan, supaya namanya tidak dipublikasikan di media massa. Jum'at (01/04/2022).


"Pemasangan tiang lampu jalan umum Dusun Mojolegi itu baru saja selesai dikerjakan, tetapi kalau dirasa biaya yang diperuntukkan untuk mengerjakan terlalu besar, sebab, konstruksi tiang dan cassing lampunya masih mutu biasa," tutur narasumber pada awak media.


"Memang betul, terlihat pula ada pekerjaan pasang meteran baru serta box panel, tetapi nilainya juga tidak terlalu mahal untuk biaya buat fasilitas umum (Fasum)" ucapnya.


Jika dianalisa, kata narasumber, biaya untuk pemasangan satu unit PJU itu mencapai sekitar 2 juta an, "Pasang satu titik PJU Dusun Mojolegi itu berkisar kurang lebih mencapai dua juta per titik, dengan konstruksi tiang dan cassing serta kabel masih mutu standart, masa sebesar itu harganya," tanya sumber.


Terlihat juga dilokasi pekerjaan, pekerjaan aitem finishing pada umpak beton yang berada di titik tiang PJU dekat dengan duiker atau gorong - gorong dan sekitar sawah, acian semen terpantau tidak merata pengerjaannya, bahkan belum diaci semen.


Terpisah, untuk menggali keterangan terkait kejanggalan pada dugaan nilai anggaran yang dialokasikan untuk PJU itu, awak media mengkonfirmasi Kades Tebel Khoiman via WhatsApp-nya, dan menjelaskan. Jum'at (01/04/2022).


"Pemasangan PJU yang berada di Dusun Mojolegi itu memang wilayah saya mas, dan sudah selesai dikerjakan," ucap Kades Tebel.


Saat ditanya, berapa titik PJU yang direalisasikan TPK Desa Tebel, serta untuk pemasangan meteran baru apakah masuk dalam hitungan rencana.


"PJU Mojolegi tertulis pada prasasti proyek 15 unit, tetapi realisasi pengerjaan dilaksanakan sejumlah 16 unit mas," jelasnya.


Saat disinggung, berapa nilai per unit PJU dengan konstruksi tiang serta fasilitas yang terpasang seperti cassing lampu dan kabel yang dipasang.


"Memang mas, kalau jumlah rupiah dibagi jumlah titik PJU, kelihatannya mahal," ujarnya.


Tetapi, tambah dari penjelasan Kades, "Jumlah tersebut kan termasuk ada pajak dan upah tenaga kerja mas," kades memungkasinya.


Diketahui didalam analisa HSPK tahun 2022 SK Bupati, bahwa harga satuan bahan dan analisa harga satuan pekerjaan, pada setiap pekerjaan didalamnya sudah termasuk pajak.


Hasil keterangan yang dihimpun, pemasangan PJU Dusun Mojolegi masih menjadi tanda tanya perihal nilai harganya, dan masyarakat maupun publik masih mempertanyakan itu. (hdk).

RECENT POSTS