,

Iklan

Iklan

Lomba Desa Bertema Desa Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera di masa Pandemi Covid-19, DPMD Kabupaten Sumenep Lakukan Penilaian Lapangan di Balai Desa Aeng Panas

SerikatNasional
29 Mar 2022, 14:07 WIB Last Updated 2022-03-29T08:37:36Z


Sumenep - Setelah dinyatakan lolos 3 besar oleh panitia Lomba Desa dengan nomor surat 414,4/ /435.112.2/2022, dari hasil presentasi/pemaparan (tahap II) dalam pelaksanaan Lomba Desa/Kelurahan tahun 2022 yang dilaksanakan pada hari Senin s/d Rabu tanggal 21 s/d 23 Maret 2022 bertempat di ruang Rapat Al-Qarya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa kabupaten Sumenep.


Kali ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bersama Tim penilai dari kabupaten setempat melakukan penilaian ke desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa 29 Maret 2022 di Balai desa setempat.


Namun sebelum lanjut pada penilaian, dibuka dengan penampilan yel-yel desa yang dibawakan oleh Tim PKK Desa.



Selanjutnya, Kades Muhammad Ramli menyampaikan, kali ini merupakan penilaian lapangan dari Kabupaten terkait lomba desa dan lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep 2022 dengan tema Desa Bangkit, Sehat, Maju dan Sejahtera di masa Pandemi Covid-19.


"Jadi pada intinya sekarang ini merupakan pengecekan yang sudah terlaporkan  pembangunan dan lain-lain kegiatan dari desa Aeng Panas," jelasnya.



Camat Pragaan Heru cahyono Selamat Datang dari tim Kabupaten baik itu dari DPMD, dan dari PKK Kabupaten beserta seluruh rombongan.


"Pada kesempatan kali ini merupakan momen yang cukup penting, atau penting sekali bagi desa Aeng Panas, karna mungkin ini merupakan pertama kali lomba semacam ini," katanya.


Kabid Pemdes Ir. Supardi, MM mewakili Kepala DPMD menjelaskan hal ini merupakan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan bertujuan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan desa/kelurahan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, serta daya saing desa/kelurahan melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka NKRI.



"Dasar pelaksanaan lomba desa ini adalah Permindagri Nomor 81 Tahun 2015 (Permendagri No. 81/2015) tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan," jelasnya.


Lebih lanjut Ir.Supardi, MM menjelaskan dasar dari pelaksanaan lomba desa ini Surat Kementerian dalam negeri RI tanggal 8 Maret tahun 2022 terkait penyelenggaraan lomba desa dan kelurahan 2022 ditindaklanjuti dengan petunjuk pelaksanaannya.



Selanjutnya, Ir. Supardi, MM menjelaskan maksud dan tujuan adalah mengevaluasi dan mendorong serta memberikan motivasi kepada desa beserta masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif, Positif untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan pelayanan kepada masyarakat desa serta mengangkat inovasi desa.


"Tujuannya apa ?, Mengevaluasi menilai serta mendorong pemerintah dasa, mengoptimalkan dan mengevaluasi potensi yang ada di wilayah serta usaha pembangunan yang dilakukan masyarakat desa atas dasar kekuatan mandiri," ujarnya.


Yang kedua kata Supardi,  mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan serta untuk mengetahui capaian atau tingkat keberhasilan pembangunan dengan melihat pada orisinilsasi. Gagasan, kreativitas, aktivitas, dan pengutan kelembagaan. 



"Sasarannya jelas, kemarin kita tegaskan bersama sesuai surat edaran dari Provinsi-provinsi Timur adalah desa yang punya kreteria cepat berkembang," kata Supardi.


Tim penilai dari  lomba desa dan lomba 10 program pokok PKK tingkat tingkat Kabupaten dari DPMD Kabupaten Sumenep, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kesbangpolinmas, Tata Pemerintahan, Tim Penggerak PKK kabupaten, dan juga dari Praktisi.


Kata Supardi Indikatornya sudah jelas disampaikan pada rapat sebelumnya  dan sudah disampaikan kepada bapak camat dan kepala desa. Indikatornya ada tiga, Evaluasi dunia pemerintahan, Evaluasi bidang kewilayahan, evaluasi bidang kemasyarakatan.


"Aksennya sudah jelas dalam form penilaiannya," tegasnya.



Dari jumlah yang berpartisipasi kata Kabid Pemdes, dari 330 desa tidak Sampek 50 % yang ikut berpartisipasi dalam lomba desa kali ini. Pihaknya berharap kedepannya meningkatkan kembali minimal peserta yang ikut  berpartisipasi minimal satu kecamatan satu desa. 


Dari beberapa desa yang berpartisipasi dalam lomba ini, ada lima desa yang masuk nominasinya cepat berkembang . Pertama desa Mandala Kecamatan Rubaru, Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan, Desa Kebun agung kecamatan Kota, Desa Lenteng Timur Kecamatan Lenteng, Desa Kerta Barat Kecamatan Dasuk.



"Adapun dari lima tersebut  yang memenuhi persyaratan nilainya  kalo dari grit 1 2 3, maka ada tiga desa yang kami kunjungi untuk penilaian lapangan adalah Desa Mandala Kecamatan Rubaru, Desa Aeng Panas Kecamatan Pragaan, Desa Kebun Agung Kecamatan Kota," jelasnya.


Hari ini merupakan hal yang istimewa karena ada dua event yang di perlombakan dalam waktu yang hampir bersamaan yaitu lomba desa sekaligus  lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Sumenep 2022.(TIM)

RECENT POSTS