,

Iklan

Iklan

Sebanyak 251 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Guluk-guluk Terima BLT DD

SerikatNasional
17 Mar 2022, 11:28 WIB Last Updated 2022-03-17T05:20:23Z



SUMENEP - Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tahun 2022 untuk Bulan Januari sampai dengan Maret di Desa Guluk-guluk, Kecamatan Guluk-guluk Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur di cairkan hari ini 17 Maret 2022.


Minhaji, S.Pd selaku pendamping lokal  Desa menyampaikan penerima manfaat BLT DD saat ini sebanyak 251 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan masing-masing Keluarga Penerima Manfaat menerima Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa perbulannya sebesar Rp. 300.000, jadi secara akumulatif para KPM akan mendapatkan Rp. 900.000,. Per Keluarga pada periode ini yaitu bulan Januari, Februari dan Maret.


Menurutnya mekanisme pendataan bagi masyarakat yang berhak penerima manfaat BLT DD di Desa Guluk-guluk disaring yang benar-benar Masyarakat kurang mampu dan tidak Doble.


"Tidak Doble dalam artian tidak pernah menerima bantuan lain, semisal PKH tidak boleh menerima bantuan BLT DD ini ," ujar Minhaji.


Penyerahan Bantuan Langsung Tunai ini di realisasikan dibalai desa setempat melalui mekanisme penerimaan. Masyarakat langsung menerima uang tunai sebesar Rp. 900.000,-. Warga yang memiliki hak menerima BLT DD diwajibkan membawa KTP beserta foto Copy KTP .


"Sementara bagi penerima yang berhalangan hadir di perbolehkan untuk diwakilkan dengan syarat harus masuk satu KK dengan penerima," ujarnya.


Dari pantauan media, Penyerahan batuan tersebut juga didampingi segenap perangkat desa serta BPD Desa Guluk-Guluk.


Moh. Rais Yusuf, selaku Camat Guluk-Guluk menyampaikan, penyaluran bantuan BLT bersumber dari Dana Desa betul-betul tepat sasaran, bisa meringankan beban masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.



“Bantuan ini merupakan komitmen Pemerintah Pusat untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui Dana Desa dan ini diperuntukkan bagi warga yang tidak tersentuh bantuan yang tidak masuk pada Data DTKS, serta memang betul-betul membutuhkan akibat wabah pandemi Covid-19 dan di pergunakan sebaik mungkin,” kata Camat, saat sambutan di balai desa Guluk-Guluk.


Lebih lanjut dirinya mengingatkan kepada para Penerima manfaat BLT DD bahwa untuk bisa benar-benar memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan primer warga.


“Pergunakan dana ini sebaik-sebaiknya, jangan dipergunakan untuk hal-hal yang kurang manfaat, jangan dibelikan lipen atau lipstik,” terangnya.


Selain itu, Camat Guluk-Guluk sangat mengapresiasi atas gerak cepat yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Guluk-Guluk dalam penyaluran BLT-DD, sehingga pencairan BLT-DD tahap I (Pertama) berlangsung lancar, dengan tetap memperhatikan serta berpedoman pada protokol kesehatan untuk tidak menimbulkan tingkat kerumunan warga penerima BLT-DD.


Ditempat yang sama, Kades Guluk-Guluk, Ach Wail, menyampaikan jika dalam penerimaan bantuan kali ini desa yang dipimpinnya mengalokasikan dana sebesar Rp. 225.900.000 (Dua ratus dua puluh lima juta sembilan ratus rupiah) untuk 251 KPM.


“Kami anggarkan untuk 251 KPM bersumber dari Dana Desa periode pertama, Januari hingga Maret,” Kamis, 17 Maret 2022.(Red)

RECENT POSTS