,

Iklan

Iklan

Peran Pemuda Dalam Menjaga Kebudayaan

@SerikatNasional
28 Mar 2022, 18:17 WIB Last Updated 2022-03-28T11:17:06Z

 


Lemahnya peran pemuda dalam menjaga dan melestarikan seni budaya di daerah masing-masing bisa di lihat dari trend gaya hidup pemuda yang ada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Banyak pemuda di Manggarai, yang gaya hidupnya ikut gaya hidup di Eropa. Akibatnya, mereka kurang mengenal budaya di daerah sendiri. Seharusnya para generasi muda menjalankan perannya dalam mempertahankan seni dan budaya di daerah sendiri khususnya di Manggarai.


Mengenal seni dan budaya, adalah dalam pribahasa yang berbunyi tak kenal maka tak sayang sama yang berarti penting untuk terlebih dahulu mengenal sebelum menyayangi sesuatu. Hal tersebut juga bisa ditetapkan bagi seni dan budaya bangsa. Generasi muda perlu mengenal kesenian dan kebudayaan Indonesia khususnya di Manggarai yang sangat banyak ragamnya dengan mengenal akan lebih mudah untuk tertarik. 


Melahirkan kesadaran melestarikan seni dan budaya, sejatinya kesadaran untuk melestarikan warisan budaya bangsa memang harus di mulai dari pada generasi bangsa karena ada potensi besar yang dapat memotivasi berbagai pihak. Demi mempertahankan seni dan budaya Indonesia. Generasi muda wajib membangun kesadaran untuk melestarikan menjaga serta melindungi apa yang sudah menjadi warisan budaya Indonesia agar tetap berkembang.


Memiliki rasa bangsa, sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus mempunyai rasa kebanggaan tersendiri karena memiliki beragam seni dan budaya yang merupakan aset negara. Maka dari itu kita generasi muda harus ikut serta melestarikan seni dan budaya dengan menggunakan produk asli buatan Indonesia. 


Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa, calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu di pundak generasi mudahlah nasib suatu bangsa Dipertaruhkan. Suatu bangsa apabila generasi mudanya memiliki kualitas yang unggul dan semangat kuat untuk memajukan budaya daerah yang didasari dengan keimanan dan akhlak mulia maka bangsa itu akan besar.

   

Sebagai generasi penerus, bangsa Indonesia harus mempunyai rasa kebanggaan tersendiri memiliki beragam budaya yang merupakan aset negara. Maka dari itu generasi muda harus ikut serta melestarikan seni dan budaya dengan menggunakan produk asli buatan Indonesia misal menggunakan kain songke  dalam berbagai acara resmi misalnya adat Manggarai.


Disamping itupula Negara Indonesia terkenal dengan keragaman budaya yang tersebar dari Sabang sampai Maroke. Memperkenalkan keragaman budaya kepada dunia akan menumbuhkan kebanggan atas kekayaan budaya yang dimiliki.


Jika dunia sudah mengenal kebudayaan Indonesia, maka akan terjadi harmonisasi hubungan dengan negara-negara lain. Kerjasama dapat terjalin,seperti pertukaran pelajar atau pertukaran misi kebudayaan. Perbedaan yang ada dari keberagaman juga bisa menjadi cara untuk mengusung "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya " berbeda-beda tetap satu.


Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa, calon pemimpin masa depan, oleh karena itu dipundak generasi muda lah nasib suatu bangsa Dipertaruhkan. Apabila generasi mudanya memiliki kualitas yang unggul yang semangat untuk memajukan budaya daerah yang didasari dengan keimanan dan akhlak mulia, maka bangsa itu akan besar.


Ayo kobarkan semangat dalam menjaga dan melestarikan warisan budaya Indonesia.


Oleh: Astiana Hartini

(Mahasiswa UNIKA St. Paulus Ruteng Prodi PGSD)

RECENT POSTS