,

Iklan

Iklan

Diduga Bantuan Desa di Salahgunakan: Beberapa Perangkat Desa Sana Daja Terancam Dipolisikan

SerikatNasional
7 Mar 2022, 10:23 WIB Last Updated 2022-03-13T10:42:09Z

 


PAMEKASAN - Desa merupakan sebuah citra pemerintahan yang memiliki peran strategis dalam penyaluran bantuan oleh pemerintah pusat, sebab melalui desa bantuan dari pusat dapat diturunkan secara masif sehingga tujuan utamanya adalah penyaluran yang tepat sasaran dan dapat digunakan dengan sebaik mungkin. 



Namun terkadang justru penyelewengan dana bantuan yang diturunkan ke desa dapat disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya apa yang dilakukan oleh perangkat desa sana daja kecamatan pasean kabupaten pamekasan.



Pasalnya beberapa bantuan yang disalurkan disalah satu desa diduga tidak sesuai dengan apa yang diturunkan oleh pemerintah pusat yang notabeninya bentuk sosialisasinya masif dan jelas. Salah satu contoh Bansos berupa BNPT, PKH, BLT dan lain sebagainya. 



Menurut Lutfi Muktar salah satu Pemuda di Desa Sana Daja, kasus bantuan yang diduga disalahgunakan tidak hanya satu atau dua kali melainkan sering terjadi di desa sana daja. 



“Hampir semua bentuk bantuan di desa sana daja disalahgunakan oleh oknum perangkat desa, ” tutur lutfi dalam keterangannya. 



Selain hal tersebut pendemi covid-19 masih terus berjalan ditambah dengan varian-varian baru yang berdatangan. Mestinya masyarakat dapat terbantu oleh adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah sebab dampak dari pandemi ini menyisir berbagai lapisan masyarakat bahkan sampai pedesaan. 



“Mestinya perangkat desa sadar akan kondisi sekarang, sudah kondisi krisis malah masyarakat dipermainkan dengan menyalahgunkan bantuan tersebut,” lanjut Lutfi dalam keterangnnya.



Berdasarkan kasus tersebut beberapa pemuda di desa sana daja akan meminta kepada kepala desa yang masih dalam masa transisi pergantian agar hal ini ditindak tegas. 



“Kami masih ingin melakukan dialog dengan Kepala Desa PLT maupun kepala desa fakum agar kasus ini tidak terus terjadi di pemerintahan desa selanjutnya. Apabila hal ini tidak ada kelanjutan yang tegas oleh kepala desa maka kami akan bawa kasus ini ke ranah yang lebih tinggi,” tegas Lutfi.



Kasus-kasus penyalahgunaan bantuan Desa sudah menjadi rahasia umum, masyarakat juga berharap akan hal tersebut tidak lagi ada penyelewengan maupun penyalahgunaan. Sehingga masyarakat dapat menerima bantuan dengan baik dan sesuai dengan harapan bersama. (A. Faruq)


RECENT POSTS