,

Iklan

Iklan

Menyorot Peradaban, Bem Stidar dan Sanggar Semar Seruput Kopi Kepedulian Sosial

SerikatNasional
16 Jan 2022, 11:50 WIB Last Updated 2022-01-16T10:06:57Z


SUMENEP - Geliat Bem Stidar Sumenep semakin menemukan momentumnya setelah membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni yaitu Sanggar Semar dengan mengadakan acara NGOPI (Ngobrol Peradaban Islami) di kantor BEM Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Raudlatul Iman (16/01/2022) Gadu Barat Ganding Sumenep. 


Kegiatan yang mengangkat tema "Membangun Kepedulian Sosial" itu menghadirkan nara sumber Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Raudlatul Iman K. SAHLI HAMID atau dikenal dengan EYANG SEMAR. Beliau menggelitik kesadaran mahasiswa untuk terketuk dalam masalah-masalah sosial.


"Manusia diberi amanah oleh Allah SWT untuk mengembangkan hidup (khalifah) dengan potensi yang dimiliki, jika tidak sesuai dengan yang diamanahkan, maka manusia tak ubahnya binatang bahkan lebih parah lagi atau istilah Al-Qur'an manusia disebut dzalim dan bodoh," ungkapnya di hadapan peserta yang hadir.




Selanjutnya beliau mengajak agar hidup selalu mementingkan  orang lain dan membangun perilaku kooperatif dan kolaboratif dengan lingkungan sosial serta merespon setiap persoalan-persoalan di sekitarnya seperti pendidikan, budaya, ekonomi, politik, lingkungan dan lain-lain.


"Seharusnya dengan kebijakan "Peace Campus" kita dituntut memiliki kepekaan terhadap persoalan-persoalan masyarakat dan dapat berperan aktif serta mampu menyelesaikannya secara damai," tambahnya. 


Selain menyeruput kopi peradaban dari nara sumber, pertemuan tersebut menghasilkan rekomendasi untuk menggelar festival budaya yang akan melibatkan seluruh mahasiswa dan santri Raudlatul Iman. (glb/red)


RECENT POSTS