,

Iklan

Iklan

Pelaksanaan vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Provinsi Kalimantan Timur Dimulai

SerikatNasional
14 Des 2021, 15:44 WIB Last Updated 2021-12-15T03:09:45Z


Serikatnasional.id - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Masitah menyebutkan untuk jenis vaksin yang digunakan pada anak hanya sinovac.



Ia menyebutkan jumlah anak usia 6-11 tahun di Provinsi Kaltim berdasarkan data dari Pusdatin Kemkes sebanyak 358.459 anak.



Namun, untuk data target sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun dari Kemenkes, pihaknya mengaku belum mendapatkan data target sasaran secara detail.



"Kami belum mendapatkan data detailnya targetnya dari Kemenkes," katanya



Ia mengaku belum menemui kendala, tapi berdasarkan pengalaman yang di alami selama ini, hanya soal tingkat kepercayaan orang tua dan masyarakat lainnya yang masih rendah.



Selain itu, ada ketakutan seperti adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek dari vaksin seperti gejala demam sehingga orang tua cenderung tidak membolehkan anaknya di vaksin.



Meksi demikian, pihaknya akan terus berupaya untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat bahwa pelaksanaan vaksin terhadap anak sangat penting.



Sebab, kata dia, untuk target pencapaian vaksin anak usia 6-11 tahun dipastikan mencapai 100 persen. Untuk itu, ia berharap seluruh anak usia yang dimaksud dapat mengikuti vaksin sebagaimana yang diharapkan.



"Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini bertujuan untuk mencegah sakit berat dan kematian pada anak akibat COVID-19, kemudian mencegah penularan pada kelompok usia lain dan mempercepat tercapainya herd immunity," tegasnya.



Untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun tahap I baru akan dilaksanakan di Kota Balikpapan dan Bontang. Sedangkan kabupaten/kota lainnya, termasuk Samarinda masih menunggu arahan lebih lanjut dari kemkes.



Ia menjelaskan pelaksanaan vaksin anak usia 6-11 tahun ini diprioritaskan untuk daerah yang telah mencapai target vaksin 70 persen, sedangkan untuk daerah yang belum mencapai target tersebut harus mencapai target yang ditentukan lebih dulu sebelum melaksanakan vaksinasi usia 6-11 tahun



"Itu sudah diatur oleh Kemkes bahwa daerah yang melaksanakan vaksinasi usia 6-11 tahun adalah daerah yang sudah mencapai target vaksinasi dosis 1 diatas 70 persen dan capaian target vaksinasi lansia diatas 60 persen," sebutnya. (Iswanto)

RECENT POSTS