,

Iklan

Iklan

Pilkades 2021, Ancik Yunarto; Sosok Ideal ada Pada Bernadus Ncuang

@SerikatNasional
25 Sep 2021, 21:35 WIB Last Updated 2021-09-25T14:57:53Z

 


Makassar-SerikatNasional.id | Soal pemilihan Kepala Desa Rado [Rakas Dopo], Kec. Cibal, Kab. Manggarai, tentunya sebagai elemen pemuda mampu memilih sosok pemimpin yang layak menjalankan sistem Demokrasi pada prinsipnya. Bangsa Indonesia sejak dahulu sesungguhnya telah mempraktekkan ide tentang demokrasi meskipun masih sederhana dan bukan dalam tingkat kenegaraan .  


Indonesia telah mempraktekkan ide tentang demokrasi, meskipun masih sederhana dan bukan dalam tingkat kenegaraan. Desa – desa di Indoensia sudah menjalankan demokrasi, misalnya dengan pemilihan pemimpin dan adanya budaya bermusyawarah dengan istilah rembug desa. Demokrasi dalam kehidupan masyarakat desa menjadi sebuah bentuk demokrasi sederhana dalam masyarakat desa.


Memahami perkembangan demokrasi di Indonesia khususnya di masyarakat desa menjadi fokus utama dalam lingkup desa.


Dalam beberapa waktu dekat, pesta demokrasi akan di gelar oleh masyarakat desa Rado, tentunya dari segala esensi demokrasi yang telah dijelaskan, kita sebagai masyarakat yang menentukan tokoh pemimpin yang baru harus memilih tokoh yang dapat menjalankan sistem demokrasi itu, baik secara politik maupun ekonomi.


"Saya melihat sosok yang dapat menjalankan nilai-nilai prinsipil demokrasi ada pada bakal calon kepala desa Nomor urut 3 yaitu Bapak Bernadus Ncuang, S.Hut.


Dengan sosok yang mempunyai karakter berjiwa sosial tinggi, beliau juga berperan aktif dalam menghidupkan sistem perekonomian masyarakat setempat dengan menghidupkan kinerja kelompok tani," ungkapnya.


Yang kemudian mengajarkan petani mengelolah pupuk organik serta teori pemasaran yang bebas dari cengkraman cukong, sehingga petani desa Rado ada pada kesejahteraan dan tidak bergantung pada cukong (Orang Luar yang Menentukan Harga). 


Dia juga berperan aktif dalam mengatasi dampak buruk yang akan menimpah desa Rado dari berbagai lini ancaman, baik dari segi ekonomi pun bencana alam, bukti nyatanya beberapa tahun lalu beliau membuat sebuah program penanaman 1OOO pohon didesa Rado, sehingga desa Rado yang berposisi pada daerah yang memicuh bencana alam seperti longsor kini telah teratasi dan juga kesejukannya telah dirasakan oleh masyarakat setempat. 


"Sisi lain Bernadus Ncuang adalah dikenal sebagai tokoh yang berani bersuara ditengah simpang siurnya sistem yang bobrok dalam lingkaran desa Rado. Tentunya sikap yang dimiliki Bapak Bernadus Ncuang telah diakui oleh masyarakat desa Rado itu sendiri, sehingga beliau diantar oleh dukungan masyarakat untuk maju pada kontestasi pertarungan politik di desa Rado," jelasnya.


"Harapan besar dari masyarakat desa Rado dalam kontestasi pemilihan kepala desa Rado  adalah,  kelak Bapak Bernadus Ncuang mendapatkan solusi yang terbaik sesuai harapan masyarakat desa Rado yang selama ini merindukan kesejahtraan dan kemakmuran masyarakat," tutupnya.(rd)

RECENT POSTS