,

Iklan

Iklan

Ada tujuh kesadaran yang harus dimiliki pemuda dan terus menjadi karakteristiknya, yaitu

SerikatNasional
12 Agu 2021, 12:25 WIB Last Updated 2021-08-12T05:29:01Z



By: Muhammad Sahli

1. Al Wa’yu ad-Diniy atau kesadaran beragama ; pemuda merupakan hamba Allah yang berkewajiban menyembah dan mengagungkan-Nya dalam ibadah-ibadah wajib dan sunah.


2. kesadaran ilmiah atau Al-Wa’yu al-Ilmi berarti pemuda harus senantiasa memelihara semangat keilmiahan dengan senantiasa belajar dan menambah ilmu pengetahuan.


3. kesadaran berbangsa atau Al-Wa’yu al-Wathoni dan bernegara membuat seorang pemuda harus mengambil peran dalam percaturan politik dan kemasyarakatan. 


Kesadaran keempat yaitu al-Wa’yu al-Ijtima’i atau kesadaran bermasyarakat, Pemuda harus aktif dalam berbagai bidang untuk memberdayakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.  


5. Al-Wa’yu an-Nidzami atau kesadaran berorganisasi, kesadaran ini sangat penting karena didasarkan pada pemikiran bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri dan mencukupi seluruh kebutuhannya sendiri. Manusia harus mengorganisir dirinya bersama orang lain untuk mencapai suatu tujuan yang diidamkan.


6. Al-Wa'yu an-Nadhifi atau kesadaran kebersihan lingkungan. Dari lingkungan yang bersih, sehat dan indah akan muncul kegairahan untuk berprestasi


7. Al-Wa'yu al-Kasbi atau kesadaran berkasab (wirausaha, enterpreneur). Segala bentuk aktifitas membutuhkan biaya sehingga bisa mandiri dan tidak menggantungkan pada orang lain.

RECENT POSTS