,

Iklan

Iklan

SMKN 1 Maluk melakukan Eduwisata ke Pulau Lombok - Bali

SerikatNasional
24 Nov 2023, 18:13 WIB Last Updated 2023-11-24T11:13:10Z


Muluk (Serikatnasional.id),-  SMKN 1 Maluk melaksanakan kegiatan eduwisata ke Pulau Lombok dan Pulau Dewata Bali selama 6 hari 5 malam. Kegiatan yang bertemakan " A Wonderlust To Learn " ini  dilaksanakan mulai tanggal 19 - 24 November 2023. 


Kegiatan ini di awali dengan mengunjungi wisata budaya di Desa Tenun Sukarara. Para peserta didik sangat antusias mengenal budaya tanah Sasak. Satu persatu peserta praktek langsung menenun. Setelah itu dilanjutkan dengan memakai baju adat Lombok dan foto bersama di rumah lumbung, rumah khas suku Sasak. 


Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Desa Sade. Para peserta menyimak dan belajar teknik pemanduan dari pemandu lokal Desa Sade. Menjelang senja peserta  menikmati keindahan Sirkuit Mandalika. 

Di malam harinya peserta menuju ke Pelabuhan Lembar untuk melanjutkan perjalanan menuju Pulau Dewata. 


Setelah sukses mengunjungi beberapa tempat di Pulau Seribu Masjid, rombongan melanjutkan lawatannya ke Pulau Dewata. Senin subuh sudah tiba di Pelabuhan Padangbai Bali, langsung menuju Desa Panglipuran. Salah satu desa terbersih di dunia yang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Sarapan pagi di resto Bale Bambu, semua peserta menggunakan baju adat Bali dan dilanjutkan belajar budaya di Bali. 


Para peserta wanita belajar tarian khas Bali sedangkan yang laki-laki belajar gamelan dan musik khas Bali. Siang hari check-in hotel Neo+ Legian. Sore hari melakukan Hotel Tour dan praktek Table Manner, yaitu tata cara makan yang mengatur cara duduk, cara penggunaan peralatan makan, dan etika saat makan. 


"Diharapkan dari kegiatan ini anak-anak memiliki bekal mengikuti perjamuan makan ketika suatu waktu mengikuti kegiatan atau kelak menjadi pejabat" ucap Sayyidatussa'diyah. S. Tr. Par selaku Kepala Program Keahlian Pariwisata SMKN 1 Maluk


Di hari berikutnya lanjut Diyah demikian dirinya disapa mengungkapkan rombongan  mengeksplore pantai Kuta dan berkomunikasi dengan wisatawan asing.   Ini menurutnya merupakan salah satu kompetensi keahlian publik speaking dengan bahasa asing. 

Usai mengekspose wilayah pantai, kembali dilanjutkan dengan melakukan kunjungan pendidikan di Politeknik Internasional Bali. Dalam kegiatan Campus Visit ini dilakukan Tour Campus, setelah itu dilakukan sharing session Career Motivation "Dare To Dream, Your Aspirations Define Your Journey". 


"Pada kesempatan kali ini diberikan materi oleh Bapak Ganang Adityo Prakoso, ST. Par., M. Par., CHE selaku kepala department program D4 Event Management. Peserta dibekali pengalaman setelah lulus sekolah akan melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja atau berwirausaha sesuai dengan bidang keahlian masing-masing" lanjutnya


Di hari terakhir di Bali, rombongan menikmati wisata Tanah Lot, Pantai Pandawa dan Pantai Melasti. Wisata minat khusus yang memacu adrenalin itu menurut Diyah yaitu mini rafting di Desa Panarungan. Tentu suatu pengalaman yang sangat luar biasa. Peserta didik bisa belajar dan mengamati langsung dengan pelaku industri pariwisata yang sangat berkompeten di bidangnya.


Diyah manaruh harapan besar usai mengikuti kegiatan ini peserta didiknya tidak hanya belajar serta menikmati wisata yang ada di Bali dan Lombok, tetapi mampu ber-ATM. Amati, Tiru dan Modifikasi apa yang didapat untuk memajukan pariwisata yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat khususnya. 


"Semoga mereka mampu menjadi insan pariwisata dan masyarakat sadar wisata. Mereka mampu mengarahkan masa depannya akan melanjutkan ke perguruan tinggi, bekerja atau berwirausaha" harapnya (Diyah)

RECENT POSTS