,

Iklan

Iklan

Dinkes Pamekasan Gelar Aksi Bergizi Bersama Siswi SMP

SerikatNasional
7 Jun 2023, 18:45 WIB Last Updated 2023-06-07T11:46:31Z


PAMEKASAN - Cegah naiknya angka Stunting dan Anemia, Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) Pamekasan gelar Aksi Bergizi di Sekolah pada Rabu (07/06/2023) pagi.


Kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap tahun tersebut, untuk kali ini dilaksanakan di 21 Puskesmas secara serentak, bekerjasama dengan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTS).


Aksi Bergizi di Sekolah tersebut bertujuan untuk cegah Stunting dan Anemia, karena Stunting itu merupakan kegagalan pertumbuhan dan perkembangan anak dalam seribu hari pertama kehidupan, yakni mulai dalam kandungan sampai usia dua tahun.


Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan dr.Sjaefudin mengatakan, pihaknya mengantisipasi terkait Stunting dan Anemia dimulai dari sekolah.


"Anak-anak harus kita pahamkan bagaimana pentingnya olah raga, pentingnya gizi, dan makanan sehat serta pentingnya tablet penambah darah, untuk memastikan tidak ada Anemia pada mereka, terutama bagi remaja putri," ucapnya.




Semoga kegiatan ini bisa tereskalasi diseluruh jajaran dan masyarakat di kabupaten Pamekasan tentang pentingnya mencegah Stunting.


Menurut Sjaefudin dengan cara kampanye, olah raga, senang-senang, makan sehat secara bareng-bareng ,penyuluhan, serta bermain dengan harapan anak kita sehat tidak ada Anemia, sehingga bisa memperkuat dan mencetak generasi berikutnya, produktifitasnya akan meningkat.


Selain itu Kadinkes juga mengimbau agar tidak menikah diusia dini, karena menikah dini itu awal dari sebuah bencan bagi keturunannya kelak.


Untuk mewujudkan hal tersebut Dinkes Pamekasan tidak bisa melakukannya sendirian, dibutuhkan seluruh element untuk membantu.


"Saya berharap kegiatan Aksi Bergizi ini, bisa terus dilanjutkan dan diterapkan oleh pihak sekolah kepada seluruh siswinya, sehingga dengan begitu para siswi bisa menerapkan kehidupan yang sehat di keluarganya," imbuhnya.


Sementara itu ditemui terpisah, Kepala Puskesmas Talang Faradilla Amini mengatakan, Pihaknya mengikuti Aksi Bergizi guna mencegah anemia khususnya bagi remaja putri, karena mereka masih dalam usia produktif dan merupakan generasi penerus bangsa.


Untuk mencegah dan menurunkan angka Stunting itu dilakukan dengan cara mengajak komunikasi, memberikan edukasi serta sosialisasi kepada siswi SMP.


"Saya berharap kepada seluruh remaja putri bukan hanya ketika ada kegiatan saja yang mengkonsumsi tablet penambah darah, melainkan bisa meminumnya secara rutin, sesuai dengan adanya Aksi Bergiz," ujarnya.


Dirinya juga memberikan imbauan kepada seluruh orang tua di rumah untuk membantu memantau makanan putrinya ketika di rumah.


Dalam kegiatan tersebut juga disediakan pemeriksaan atau cek tensi darah, gula darah serta pemeriksaan lainnya secara gratis.

RECENT POSTS