,

Iklan

Iklan

Pemerintah Desa Rana Gapang Gelar Musrenbangdes Untuk Rencana Pembangunan 2023

@SerikatNasional
2 Des 2022, 21:28 WIB Last Updated 2022-12-02T14:33:12Z

 

Musrenbangdes Tingkat Desa Rana Gapang (Photo Source: Humas Pemdes Rana Gapang)


BORONG - Pemerintah Desa Rana Gapang Kecamatan Elar Kabupaten Manggarai Timur menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk penyelenggaraan pembangunan desa tahun anggaran 2023 pada Jumat (2/11/2022) di Kantor Desa Rana Gapang.


Kepala Desa Rana Gapang Melikior Wene dalam sambutanya mengatakan bahwa betapa pentingnya kegiatan Musrenbangdes dilakukan setiap tahunnya. Karena Musrenbangdes merupakan titik acuan untuk kita melangkah yang didalamnya tertuang segala apa yang direncanakan dan disepakati melalui musyawarah bersama untuk proses pembangunan desa di tahun yang akan datang.


"Mengingat betapa pentingnya melaksanakan Musrenbangdes setiap tahun anggaran pembangunan desa, itulah gunanya kita semua hadir dalam kesempatan ini. Musrenbangdes merupakan titik acuan untuk kita melangkah bersama membangun Desa Rana Gapang tercinta ini dalam beberapa poin yang telah disepakati lewat musyawarah bersama. Dari hasil musyawarah mufakat kitalah maka arah pembangunan desa lebih tertata dengan apa yang mau kita prioritaskan," ungkapnya.


Lebih lanjut Kades Rana Gapang menambahkan bahwa segala yang masih mau kita bangun kita sampaikan dan akan kita sepakati bersama kira-kira apa yang mau kita bangun.


"Kiranya apa yang masih perlu kita bangun kita sampaikan semuanya sehingga nantinya kita sepakati mana yang harus kita prioritaskan dahulu. Sehingga apa yang kita rencanakan bersama nantinya bisa diwujudkan di tahun Anggaran 2023 mendatang. Mari kita dukung kegiatan ini lewat pikiran-pikiran baik kita demi desa kita ke arah yang lebih baik tentunya," tambahnya.


Pada kesempatan itu juga Yan D. Roman Sebagai perwakilan pihak Kecamatan Elar menyampaikan apresiasi kepada warga Desa Rana Gapang yang telah peduli terhadap kebersihan lingkungan.


"Apresiasi kepada segenap warga Desa Rana Gapang khususnya warga Kampung Gorong dan Wae Solong yang menurut pengamatan kami selama ini cukup giat bergotong royong dalam hal kebersihan lingkungan lintas jalur Mombok-Elar dalam wilayah Rana Gapang. Terima kasih telah peduli sehingga lingkungan kita terlihat bersih apabila rumput dan got sepanjang jalan tetap kita perhatikan. Kiranya semangat ini tetap kita pertahankan dan kita tingkatkan kedepannya," tutur Yan.


Selanjutnya Yan mengajak seluruh peserta musyawarah untuk aktif berfikir tentang baiknya Desa Rana Gapang kedepan harus seperti apa.


"Mari kita berfikir aktif untuk kebaikan Desa Rana Gapang kedepan. Jadikan momen Musrenbangdes sebagai momen penting lewat pikiran-pikiran baik kita untuk pencapaian pembangunan desa kearah yang lebih baik di tahun yang akan datang. Jangan menjadikan Musrenbangdes sebagai rutinitas saja, tapi harus melihat dari sisi positifnya bahwa dalam musyawarah akan lahir apa yang menjadi prioritas pembangunan di setiap wilayah dusun masing-masing," imbuhnya.


Yan menjelaskan bahwa fokus dana desa tahun 2023 mencakup beberapa bagian salah satunya yaitu penurunan angka stunting.


"Adapun fokus dana desa tahun 2023 yaitu: penurunan angka stunting, penanganan kemiskinan ekstrim, pembentukan Bumdes, desa wisata, pemulihan ekonomi dan peningkatan SDM warga desa lewat penguatan ekonomi kreatif," tutupnya.


Terpantau saat musyawarah hadir Pemdes Rana Gapang, BPD Rana Gapang, Perwakilan Pemerintah Kecamatan Elar, PLD (Pendamping Lokal Desa) dan segenap perwakilan elemen masyarakat baik dari, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, tokoh pendidik para kepala sekolah SD dan pengelola Paud, kader posyandu, RT/RW dan LINMAS.


(Ejhii Serlenso)

RECENT POSTS