,

Iklan

Iklan

Pemerintah Desa Rana Gapang Gelar Sosialisasi Pembentukan Badan Usaha Milik Desa

@SerikatNasional
16 Nov 2022, 06:51 WIB Last Updated 2022-11-15T23:53:09Z

 


BORONG - Pemerintah Desa Rana Gapang bersama Pemerintah Kecamatan beserta pihak P3MD Kabupaten Manggarai Timur dan juga segenap perwakilan masyarakat melaksanakan kegiatan sosialisasi pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan tema "Optimalisasi Potensi Desa Melalui BUMDes" pada Selasa (15/11/2022) di Gedung Desa Rana Gapang,


Kegiatan ini mengacu pada PP No 11 Tahun 2021 dan PP No 3 Tahun 2021 maka penting untuk mendirikan BUMDES di tingkat desa. BUMDES adalah badan hukum yang didirikan oleh desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas serta menyediakan jasa pelayanan dari berbagai  jenis usaha untuk kesejahteraan seluruh masyarakat desa itu sendiri.


Tiga narasumber dihadirkan sebagai Pemateri dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Kordinator P3MD Kabupaten Manggarai Timur Wolfgang Nala, Camat Elar, dan Kasi PMD Kecamatan Elar. 


Kepala Desa Rana Gapang Melkior Wene dalam sambutannya menyampaikan pada hari ini kita semua berada disini untuk mendengarkan segala apa yang disampaikan pemateri dalam sosialisasi Pembentukan BUMDes. Harapannya kepada semua masyarakat agar mendukung kegiatan ini agar kerinduan kita bersama  terwujud untuk mendirikan BUMDes di desa kita tercinta ini nanti, dengan tahapan-tahapan yang tentu kita akan lewati nantinya.


"Mengacu pada peraturan pemerintah tentu kita sangat perlu untuk mendirikan BUMDes di desa kita. Banyak  manfaat yang kita peroleh jika hal ini terwujud nantinya yang walaupun mendirikan BUMDes itu tentunya melewati berbagai tahapan-tahapannya. Kita berharap BUMDes bisa didirikan di lewat kesepakatan kita bersama. Karena BUMDes mempunyai peran penting dalam mengoptimalisasi apa potensi di desa kita sesuai dengan kearifan lokal yang akan bermanfaat untuk kesejahteraan ekonomi kita semua dan juga dalam hal peningkatan PAD Desa Kita.


BUMDes juga bisa membantu keuangan desa sehingga desa memiliki anggaran yang cukup besar dalam melakukan pembangunan desa. Di lain sisi tentunya kehadiran BUMDes dapat mengelola potensi yang ada di desa melalui sumber usaha desa yang nantinya dalam tahapan-tahapannya dikaji oleh tim analisis kelayakan," ujar Kepala Desa Rana Gapang.


Sementara itu, Camat Elar Romanus Rasi menyampaikan bahwa sangat penting mendirikan BUMDes di tingkat desa khususnya di Desa Rana Gapang. Melihat dari faktor kearifan lokal Desa Rana Gapang maka BUMDes perlu didirikan atau di bentuk untuk kesejahteraan bersama waga desanya.


"Selain dari banyaknya hasil komoditi dari desa ini juga dari sektor-sektor lain bisa kita masukan dalam tata pengelolaan BUMDes salah satunya sektor pariwisata. Dengan mendirikan BUMDes di tingkat Desa Rana Gapang saya rasa bisa menggenjot perekonomian masyarakat desa dan juga bisa meningkatkan PAD desa, asalkan kita punya niat sungguh-sungguh membangun desa ini kearah yang lebih baik," tuturnya.


Lebih lanjut Camat Elar menyampaikan bahwa sukses dan majunya sebuah Bumydes itu tergantung dari tata pengelolaan yang mengedepankan asas kejujuran dan keuletan bekerja setiap unsur yang termasuk dalam pihak yang mengurusi BUMDes itu sendiri.


"Maju dan berkembangnya sebuah BUMDes itu tergantung pada pembentukan kepengurusan  mesti diukur dari kapasitas dan kemampuan di bidang manajerial  setiap unsur atau elemen yang mengurusi BUMDes itu sendiri sehingga BUMDes dapat berjalan baik dan selalu hidup. Misalkan salah satu contohnya adalah Kemampuan berfikir atau mindset, kejujuran serta ulet bekerja para pengurus inti dalam hal tata kelola pengembangan BUMDes kearah yang lebih baik," ungkapnya.



Camat Elar berharap agar tidak salah memilih orang atau pengurus dalam hal pengelolaan BUMDes tersebut.


Dihadapan forum musyawarah perwakilan masyarakat yang hadir pun turut mengapresiasi terkait rencana mendirikan BUMDes di Desa Rana Gapang. Salah satunya Herman Mbawa selaku perwakilan tokoh masyarakat Dusun weong. Ia berharap agar rencana ini akan sukses nantinya.


"Kami mengapresiasi rencana mendirikan BUMDes di Desa Rana Gapang. Bahwasannya sejak desa ini dibentuk baru kali ini ada rencana mendirikan BUMDes. Kami masyarakat sangat mengapresiasi kepada Pemdes Rana Gapang tany telah menginisiasi saat ini, semoga hal ini tidak sebatas sosialisasi tetapi dapat terwujud dikemudian hari," harapnya.


Turut hadir dalam kegiatan ini Pemdes Rana Gapang beserta seluruh jajarannya, BPD Rana Gapang, para pendamping lokal desa tingkat Kecamatan Elar, tokoh pendidik, tokoh adat, perwakilan tokoh pemuda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, RT/RW, dan LINMAS. 


(Iren Darson)

RECENT POSTS