,

Iklan

Iklan

Ikuti Program MBKM di UTS, Ilham Ariadi Sukses Buka Kedai Terserah

@SerikatNasional
22 Nov 2022, 21:07 WIB Last Updated 2022-11-22T14:07:14Z


SUMBAWA BESAR – Mahasiswa yang mengikuti Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melalui Program UTS Preneurship diharapkan dapat memupuk kreativitas dan kemampuan mahasiswa untuk berwirausaha.


Mahasiswa UTS Preneurship bernama Ilham Ariadi merintis usaha F&B yang menyediakan makanan cepat saji di Sumbawa Besar seperti Kebab, Burger, Es Teh dan lain-lain. Memilih nama usaha yang cukup unik yaitu “Terserah”, Ilham berharap nama usaha yang dipilihnya menjadi solusi menjawab kebingungan orang-orang ketika ditanya “mau makan apa?” Atau “mau makan dimana”.. “Terserah”.


Kedai Terserah berdiri sudah 5 tahun sejak 2017. Yang awal mula nya hanya menjual Kebab saja menggunakan meja. Saat ini Kedai Terserah berlokasi di berbagai titik di Kabupaten Sumbawa, diantaranya : Kampung Irian, Kerangkabaja, Lawanggali, Kebayan, Brangbiji, dan Labuan.


Kedai Terserah fokus menjual produk yang memang sudah laku dipasaran dan teruji selama bertahun-tahun bertahan dan dikonsumsi oleh orang-orang secara rutin. Seperti Es Teh yang merupakan minuman kedua yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat Indonesia setelah Air Mineral. Hal ini guna meminimalisir risiko untuk produk ditolak masyarakat karena bukan hal yang baru. Namun, tetap masuk ke pasar dengan strategi bisnis yang unik dan berbeda dari yang lain.


Konsep strategi yang ditawarkan kedai terserah yaitu mengutamakan take away atau bawa pulang, dengan harga produk yang lebih murah dari harga pasar seperti kebab hanya Rp 5.000 dan Es Teh Jumbo Rp 5.000 dan rasa yang ditawarkan juga nikmat agar penjualan produk bisa lebih banyak dan lebih cepat terjadi.


Melalui Kedai Terserah juga, Ilham berhasil mengikuti lomba wirausaha muda NTB dan berhasil menjadi juara 1 dalam kategori Pelajar. Ilham sangat mencintai dunia berwirausaha, dia memulai berwirausaha sejak SMA hingga sekarang menjadi mahasiswa UTS dan mengikuti program MBKM. (Ham)

RECENT POSTS