,

Iklan

Iklan

Wajib Tahu, Berikut Beberapa Pengobatan Rumahan Untuk Penyakit Asam Lambung

SerikatNasional
7 Apr 2022, 16:18 WIB Last Updated 2022-04-07T17:06:13Z



Penyakit asam lambung merujuk pada naiknya asam lambung ke kerongkongan. Asam lambung naik secara terus-terusan bisa menyebabkan penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

Melansir Verywell Health, gejala asam lambung naik bermacam-macam. Mulai dari perut kembung, bau mulut, batuk kering, sering bersendawa, heartburn/mulas (nyeri atau sensasi terbakar di dada), kesulitan menelan, cegukan, mual atau muntah, hingga sakit tenggorokan.

Mengobati penyakit asam lambung terbilang cukup sederhana jika belum cukup parah, serta gejala yang dialami masih ringan, esperti ketidaknyamanan di dada yang ringan atau kesulitan menelan.

Melansir Webmd.com, berikut adalah beberapa pengobatan rumahan untuk kondisi di atas.

Hindarai Makan Berlebihan

Asam lambung paling sering disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Oleh karenanya, aturan nomor satu adalah menghindari makanan berlebih.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sebagian besar gejala asam lambung muncul setelah makan. Dan semakin banyak makan, semakin buruk gejalanya.

Batasi Asupan Alkohol

Penelitian lain telah menghubungkan konsumsi alkohol dengan peningkatan asam lambung.
Membatasi jumlah alkohol dapat memabantu mencegah mulas.

Hindari Makanan dan Minuman Asam

Makanan asam dapat memperburuk mulas.
Makanan asam tersebut meliputi, jus buah jeruk, saos tomat, gorengan, kopi, minuman berkarbonasi, bawang putih, dan bawang bombay.

Konsumsi Makanan Bersera Tinggi

Makanan berserat tinggi dapat membantu menghindari dan mengurangi gejala asam lambung. Cobalah konsumsi makanan seperti biji-bijian, sayuran akar seperti wortel dan bit, serta sayuran hijau seperti brokoli.

Konsumsi juga kacang-kacangaan dan buah-buahan dengan kandungan air yang tinggi, seperti semangka, karena akan membantu mengurangi gejala asam lambung.

Jangan Makan Sebelum Tidur

Salah satu cara mencegah asam lambung naik ialah tidak makan sebelum tidur, setidaknya tiga jam sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa makan sebelum tidur akan meningkatkan gejala asam lambung.

Hindari Pakaian Ketat

Pakaian ketat di sekitar area perut seperti penggunaan ikat pinggang atau celana ketat bisa menyebabkan gejal asam lambung. Coba kenakan pakaian yang longgar untuk menghindari tekanan ekstr pada bagian perut.

Kapan Harus ke Dokter

Terkadang pengobatan asam lambung di rumah tidak akan cukup untuk mengurangi gejala.
Anda mungkin saja mengalami gejala yang mirip dengan asam lambung naik tetapi sebenarnya merupakan tanda dari kondisi yang lebih parah.

Gejala GERD, terutama nyeri dada dan ketidaknyamanan, bisa menjadi tanda masalah jantung atau serangan jantung dalam beberapa kasus.

Jika mengalami nyeri dada dan juga mengalami sesak napas atau nyeri pada lengan atau rahang, segera cari perawatan medis.

Jika mengalami mulas yang parah atau gejala asam lambung lainnya secara teratur, bicarakan dengan dokter tentang obat yang dapat membantu mengelola gejala.

Terkadang asam lambung naik dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Dokter mungkin akan memerintahkan pemeriksaan dada atau endoskopi bagian atas untuk memeriksa lebih lanjut dan mengevaluasi apakah kerusakan telah terjadi. (*)


Sumber: GridHot.ID


RECENT POSTS