,

Iklan

Iklan

Meriahkan HUT PMTI di Toraja, GMNI Tampilkan Tarian Kebangsaan Kolaborasi Adat Toraja dan Papua

@SerikatNasional
19 Apr 2022, 22:43 WIB Last Updated 2022-04-19T16:07:22Z

 


TANA TORAJA – Organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tana Toraja dan Toraja Utara memeriahkan Hari Ulang Tahun Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) di Makale Kabupaten Tana Toraja, Senin (18/4/2022).


Kader GMNI Cabang Tana Toraja dan Kader GMNI Cabang Toraja Utara ikut Pentas Kesenian yang menampilkan Tarian Kebangsaan perpaduan Adat Toraja dan Papua.


Ketua DPC GMNI Toraja Utara, Salman Lebon mengungkapkan bahwa sebagai mahasiswa yang ada di Tana Toraja tentunya GMNI wajib hadir untuk menjaga kearifan lokal dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan orang tua masyarakat Toraja yang berasal dari perantaun, sehingga kami yang tergabung di organisasi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tana Toraja dan GMNI Cabang Toraja Utara berkolaborasi mempersiapkan Tarian Adat Toraja dan Papua, karena kebetulan ada mahasiswa asal Papua yang menjadi Kader GMNI.


“Kami ingin menyuarakan bahwa orang Toraja dan orang Papua bersaudara dalam satu napas kebangsaan yang bernama Bhineka Tunggal Ika yang diikat dengan Ideologi Pancasila," tutupnya.


Terpisah, Ketua DPC GMNI Toraja Utara, Jessica Sari Putri mengungkapkan bahwa dirinya bersama rekan-rekan GMNI mengucapkan terima kasih karena telah diberikan kesempatan untuk berpartisipasi memeriahkan HUT PMTI dalam bentuk pentas seni maupun terlibat dalam karnaval.


“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dalam menumbuhkan semangat Sang Torayan antara orang tua Toraja yang hidup di perantauan maupun masyarakat Toraja yang berada di 2 Kabupaten yakni Tana Toraja dan Toraja Utara," harapnya.



“Kami juga berharap PMTI bisa terus bergerak dalam memikirkan Toraja baik dalam segi pembangunan SDM maupun dalam pembangunan infrastruktur maupun membangun ekonomi masyarakat Toraja dengan menginisiatif pemberdayaan masyarakat Toraja di semua sektor untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di 2 kabupaten yakni Tana Toraja Maupun Toraja Utara," pungkasnya.


Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung membuka secara resmi event Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), yang dirangkaikan dengan perayaan Paskah dan Hari Kartini, Senin 18 April 2022.


Beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam rangkaian HUT PMTI ke-18 yang akan di gelar di dua Kabupaten, Tana Toraja dan Toraja Utara,  18 – 24 April 2022.


"Event ini adalah momentum perantau yang rindu kampung halaman untuk kembali bersinergi dengan masyarakatnya, pemerintah daerahnya, dengan gerejanya, dan lainnya," ungkap Ketua PMTI Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa.


Kegiatan itu dihadiri oleh sejumlah Tokoh Masyarakat Toraja yang berasal dari Perwakilan daerah di seluruh wilayah Indonesia yang berhimpun di PMTI, Tokoh Pemuda Toraja, Ketua DPD KNPI Toraja Utara, Bello Taran, Ketua DPP GMNI, Sofyanto Torau, dan para Undangan yang khusus hadir memeriahkan HUT PMTI ke 18 dan Peserta Kongres I Pemuda Toraja Indonesia. (Gie/SN)



RECENT POSTS