,

Iklan

Iklan

Sejarah Berdirinya Kelas Khusus Tachfidhul Qur'an MA KHOMSANI NUR

SerikatNasional
13 Mar 2022, 19:50 WIB Last Updated 2022-03-13T16:25:32Z

 


 LUMAJANG - Kelas Tachfidhul Qur‟an  adalah Kelas khusus  yang menjadi wadah bagi siswa Madrasah Aliyah Khomsani Nur untuk  menghafal Al-Qur'an 30 Juz dalam waktu 3 tahun. Yang mana kelas tersebut merupakan unggulan dari Madrasah Aliyah Khomsani Nur. Sebuah Lembaga Pendidikan dibawah naungan Pondok Pesantren Khomsani Nur yang beralamatkan di Jalan Kaspii RT 3 RW 3 Klanting.


Adapun  yang  melatarbelakangi adanya kelas khusus ini, yakni  guna mempersiapkan  generasi Qurani yang mampu menjawab tantangan zaman. Sesuai dengan visi dan misi dari MA Khomsani Nur Klanting Lumajang. 


Kelas Khusus Al-Qur'an ini dimulai pada tanggal 18 Maret 2020 bersamaan dengan libur sekolah karena adanya pandemi virus Corona. Targetnya ialah para siswa mampu  menghafal Al-Qur'an dengan  baik  dan  benar  sesuai dengan target yang ditentukan.  Selain itu juga diharapkan mereka dapat  memahami dan  mengamalkan Al-Qur'an   dengan baik serta mengajarkannya kepada masyarakat.


Pada  awal  mula pembelajaran Kelas Tachfidhul Qur'an  terdiri dari satu kelas intensif dengan kurikulum khusus untuk mendukung target Hafalan mereka. Alhamdulillah dalam waktu satu tahun setengah hafalan sudah mencapai 20 Juz dan pada Peringatan Maulid Nabi SAW Tahun 2022 akan diwisuda 30 Juz. Yang mana acara wisuda berlangsung secara rutin dua kali setiap tahunnya pada waktu peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dan Isro'Mi'roj.



Keberadaan Ustadz atau guru  yang Hafidh Alquran 30 Juz adalah  salah  satu  hal  yang  terpenting dalam  proses  penghafalan  Al-Qur‟an. Karena  ustadz memberikan teladan dan bimbingan bagi santrinya dalam menghafal Al-Qur‟an.


Sehingga ditunjuklah Guru Tachfidhul Quran yaitu Ust. Diong Liong Akbar, S.Pd yang merupakan alumni Ponpes Walisongo Situbondo. Dan juga Koordinator Jamqur Kecamatan Gucialit serta sekarang sedang menyelesaikan studi S2 pada UIN KHAS JEMBER.


Pada perkembangannya sekarang sedang dibangun asrama Tachfidh Al-Qur'an MA Khomsani Nur. Sebagai tempat untuk para siswa dalam menghafal Al-Qur'an dan juga sarana untuk tes hafalan rutin setiap 1 bulan sekali. 


Sekarang Kelas Tachfidh Al-Qur'an MA Khomsani Nur merupakan program unggulan lembaga disamping Kelas Diniyah setiap harinya. Dan yang menarik dari Kelas Tachfidh Al-Qur'an ialah tetap masuk setiap harinya walaupun hari libur nasional. Sehingga praktis hanya mendapatkan libur pada hari Ahad saja .


Semoga Para Siswa Siswi Kelas Khusus Tachfidh Al-Qur'an MA Khomsani Nur dapat mencapai target Hafalan 30 Juz dalam 3 tahun. Dan juga Ilmunya dapat  bermanfaat untuk diamalkan kepada masyarakat serta mampu menjawab tantangan zaman kedepan. Amin.

RECENT POSTS