,

Iklan

Iklan

Mengantuk di Tempat Kerja? Ini Solusi yang 100% Oke

SerikatNasional
13 Mar 2022, 13:28 WIB Last Updated 2022-03-13T06:47:20Z
Foto Ilustrasi/ sehatq.com


SUMENEP - Mengantuk saat bekerja bisa menjadi masalah yang fatal. Apalagi kalau sampai tertidur saat bekerja, tentu efeknya pimpinan akan memecat Anda karena dianggap tidak memiliki etos kerja. Maka dari itu, pembiaran terhadap kantuk bisa memicu masalah dan harus dicegah sekarang juga. 


Untuk itu, di artikel berikut ini, terdapat ulasan seputar cara mencegah kantuk di tempat kerja. Anda harus mencobanya supaya masalah ini tidak terjadi dan tidak memicu masalah. Jadi silakan disimak ini ulasannya:


1. Memalingkan Pandangan dari Layar Komputer Sejenak


Kalau Anda mulai mengantuk segera palingkan pandangan dari layar komputer. Lakukan ini sejenak saja sampai mata yang mengantuk kembali ke sedia kala. Sedangkan kalau Anda memaksakan diri untuk terus menatap layar padahal sedang mengantuk, tentu rasa kantuk akan terus menyerang. 


Sekalipun Anda terus bekerja dalam kondisi mengantuk, maka hasil pekerjaan juga tidak akan maksimal. Yang ada pekerjaan menjadi amburadul, toh efeknya, Anda juga bakal mendapatkan teguran dari atasan. Maka dari itu, kalau sedang mengantuk alihkan pandangan sejenak ke arah yang lain. 


2. Hindari Bergadang sampai Larut Malam


Mengantuk di siang hari, penyebabnya adalah kebiasaan bergadang sampai larut malam. Nah, logikanya, kalau Anda ingin terbebas dari mengantuk di tempat kerja, maka hindari bergadang di malam hari dan jaga pola tidur dengan baik. 


Ciri-ciri Anda bakal mengantuk di siang hari akibat begadang, adalah mata terasa panas dan merah saat bangun tidur. Sekalipun sudah mandi, efek ini tidak akan hilang, bahkan rasa kantuk akan semakin besar karena badan sudah tersentuh air yang dingin. Jika ini yang terjadi, tentu Anda bakal tertidur di tempat kerja. 


3. Bangun dari Kursi Kerja Segera


Kalau sedang mengantuk saat bekerja, jangan memaksakan diri. Berhenti sejenak lalu berdiri dari kursi kerja Anda untuk melakukan aktivitas yang lain. Seperti menerima telepon, pergi ke kantin kantor, pergi ke ruangan lain, pergi ke taman kantor dan selainnya.


Intinya Anda harus menghentikan pekerjaan sejenak barang beberapa menit. Kalau rasa kantuk sudah hilang, maka silakan kembali untuk melanjutkan pekerjaan yang sempat tertunda. Cara ini lebih bijak daripada Anda memaksakan diri bekerja di kondisi tubuh yang sudah setengah tidur. 


4. Putar Musik yang Energik


Kalau di kantor, Anda bisa memutar musik, maka coba putar musik energik untuk menghilangkan kantuk. Ini tidak hanya bisa mengatasi kantuk, tetapi juga bisa menaikkan semangat kerja yang sedang down. Sekalipun demikian, silakan putar musik dengan volume normal yang sekiranya tidak akan mengganggu rekan yang sedang sibuk bekerja. 


Jangan lupa, sediakan kopi dan rokok agar Anda bisa mendengarkan musik sembari ngerokok. Sedangkan kafein kopi bisa membantu untuk mengusir rasa kantuk. Maka dari itu, silakan terapkan cara ini supaya Anda bisa kembali bekerja dengan nyaman. 


Itulah cara mengatasi kantuk saat sedang bekerja. Silakan pilih salah satu cara yang menurut Anda terbaik serta tidak akan menyita banyak waktu saat menggunakannya. Jadi, selamat mencoba. 


Penulis: Agus Heriyanto


RECENT POSTS