,

Iklan

Iklan

Pertama Kali Berkunjung ke Padang, Dubes Palestina Sholat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat

SerikatNasional
10 Jan 2022, 07:12 WIB Last Updated 2022-01-10T05:45:49Z

 


PADANG -Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun melakukan kunjungan dan ibadah sholat Jumat di Masjid Raya Sumatera Barat, Padang, Jumat, 7 Januari 2022. 


Beberapa waktu lalu Masjid Raya Sumatera Barat memenangkan penghargaan Abdullatif Al Fozan Award (AFAMA). 


Kedatangan Dubes Palestina ke Kota Padang, Sumatera Barat, dalam rangka menghadiri undangan kegiatan Natal Nasional Pemuda Indonesia yang dilaksanakan oleh Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI). 


Wakil Ketua Umum DPP GAMKI, Ronny B. Talapessy mengatakan bahwa Dubes Palestina Zuhair Al-Shun mengagumi arsitektur Masjid Raya. 


"Selama lima tahun bertugas di Indonesia, ini pertama kalinya Dubes berkunjung ke Kota Padang. Inisiatif GAMKI mengundang beliau bertujuan untuk memperkuat semangat persaudaraan dan toleransi di antara masyarakat lintas agama serta sebagai bentuk solidaritas kita terhadap perjuangan rakyat Palestina," kata Ronny dalam keterangan resmi, Minggu, 9 Januari 2022. 


Kegiatan Dubes Palestina dan GAMKI di Kota Padang dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Negeri Andalas yang disambut baik oleh wakil rektor dan jajaran.



Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas peluang kerja sama pendidikan antara Universitas Negeri Andalas dan pemerintah Palestina. 


Dubes Palestina mengungkapkan bahwa dirinya sudah mengajukan kerja sama dengan beberapa kampus lainnya di Indonesia. 


Dia berharap agar pemuda Palestina juga dapat diberikan kesempatan berkuliah di Universitas Andalas khususnya Fakultas Kedokteran, Kesehatan, dan Teknik. 


Menurut Ronny, Dubes menyampaikan bahwa pemuda Palestina rindu untuk belajar dan Zuhair Al-Shun berharap agar pemuda Palestina yang berkuliah di luar negeri dapat kembali untuk membangun Palestina. 


Selain pertemuan dengan Universitas Andalas, GAMKI juga mempertemukan Dubes Palestina dengan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Wali Kota Padang Hendri Septa. 


Dalam pertemuan yang dilakukan terpisah antara GAMKI, Dubes Palestina, Wali Kota Padang, dan Gubernur Sumbar, dibahas rencana kerja sama yang lebih lanjut di bidang pendidikan, IT, dan lainnya. 


"GAMKI berharap komunikasi yang terjalin antara Dubes Palestina dengan pihak Universitas Andalas, Walikota Padang, dan Gubernur Sumbar dapat ditindaklanjuti dengan kerja sama yang lebih kongkret dan berkesinambungan," kata dia. 


"Seperti yang dikatakan Bung Karno, kemerdekaan rakyat Palestina adalah juga perjuangan dari rakyat Indonesia," sambung Ronny. 


Turut mendampingi Duta Besar Palestina, Sekretaris Umum DPP GAMKI Sahat MP Sinurat, Ketua DPD GAMKI Sumatera Barat Yonathan Sirait, Ketua DPC GAMKI Padang Chandra Waruwu, Wakil Ketua DPD GAMKI Riau Manuhar Silaen, Ketua Panitia Natal Nasional Raja Pinem, Pengurus Pusat GMKI Hermanto Sinaga, dan para fungsionaris lainnya.(Teofilus)

RECENT POSTS