,

Iklan

Iklan

Manfaat Berjamaah menurut Kitab Balaghoh, Simak Penjelasannya

SerikatNasional
26 Des 2021, 19:31 WIB Last Updated 2021-12-26T22:29:52Z

 


Serikatnasional.id -Istiqomah berjamaah itu merupakan pekerjaan orang orang yang berkualitas, yang bisa membentuk pada beberapa karakter yang positif. Dengan berjamaah menjadikan seseorang lebih kuat dan terlindungi dari godaan setan, sebagaimana serigala akan sulit menyerang tatkala melihat sekumpulan domba. 


Beda lagi jika domba itu sendirian, maka memudahkan serigala untuk menyerang dan memakannya karena tiadanya perlindungan. Serta tidak akan menimbulkan penyesalan bagi ahli jamaah dan juga akan membawanva pada keselamatan dari kematian( hati).


Ketika seseorang mampu menjaga waktunya untuk kemanfaatan. Maka akan membentuk karakter yang kuat dan menjadikan pada akhlaq yang baik sehingga membuat ibadah menjadi ringan. 


Dengan tidak meremehkan kepada penjagaan tingkah dan beratnya memerangi hawa nafsu. Karena menjaga dari perkara yang membuat kegagalan merupakan sesuatu yang sangat berat, kecuali bagi orang yang pasrah dan amanah.


Tidak akan menjadikan berkah beberapa nasehat bagi orang yang suka berkhianat, walaupun ia rajin dan sungguh-sungguh bekerja keras. Maka sesungguhnya kasih sayang terhadap sesama akan menjadikan kekuatan pada perkara yang dihadapi. 


Dengan cara mengendalikan nafsunya dan tidak membuat kesusahan kepada orang lain bagi orang yang mencari kejelasan perkara kebaikan.


Kyai Mushonnif selalu memberikan sikap yang menguatkan dengan kejelasan ilmu yang melindungi serta menjauhi perkara dunia. Dengan kecondongan pada perkara yang pantas dan selalu mengingat pada kematian ketika beribadah. (Sumber Kitab Balaghoh Ponpes Khomsani Nur, Atz).

RECENT POSTS